//

KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN RELATING, EXPERIENCING, APPLYING, COOPERATING, TRANSFERRING (REACT) PADA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS DI KELAS VIII SMP NEGERI 7 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Putri Ariyadi - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Ariyadi, Putri. Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa melalui Strategi Pembelajaran REACT pada Materi Teorema Pythagoras di Kelas VIII SMPN 7 Banda Aceh. Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Dr. M. Ikhsan, M.Pd (2) Suhartati, S.Pd., M.Pd Kata Kunci: strategi pembelajaran REACT, kemampuan pemecahan masalah matematika, materi teorema pythagoras. Tujuan pembelajaran matematika salah satunya agar siswa memiliki kemampuan pemecahan masalah yang meliputi kemampuan memahami masalah, merancang model matematika, menafsirkan model dan solusi yang diperoleh. Kemampuan pemecahan masalah matematika merupakan bagian dari kurikulum matematika yang sangat penting, karena proses berpikir dalam pemecahan masalah memerlukan kemampuan mengorganisasi strategi sehingga dapat melatih siswa untuk berpikir kritis, logis, kreatif yang sangat diperlukan dalam menghadapi perkembangan masyarakat. Namun kenyataannya kemampuan pemecahan masalah siswa masih rendah. Upaya guru membantu siswa mengembangkan kemampuan pemecahan masalah siswa dengan menggunakan strategi pembelajaran REACT. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kemampuan pemecahan masalah matematika siswa melalui strategi pembelajaran REACT pada materi teorema pythagoras kelas VIII SMP N 7 Banda Aceh, kendala apakah yang dihadapi siswa dalam pemecahan masalah dan bagaimana respon siswa terhadap strategi pembelajaran REACT. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes, wawancara dan angket respon siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-I SMP N 7 Banda Aceh yang berjumlah 32 orang. Data yang dikumpulkan berupa hasil tes, hasil wawancara dan respon siswa terhadap pembelajaran dengan strategi REACT. Analisis data hasil tes dan respon siswa menggunakan teknik statistik sederhana dalam bentuk perhitungan persentase sedangkan data hasil wawancara dianalisis secara deskriptif. Hasil tes kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi teorema pythagoras diperoleh bahwa rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa adalah 70,32 berada pada kategori tinggi. Berdasarkan hasil wawancara diketahui kendala yang dialami siswa dalam pemecahan masalah yaitu: siswa kesulitan dalam memahami masalah, menentukan rumus, lemahnya kemampuan pengoperasian matematis, lemahnya pemahaman materi prasyarat dan keterbatasan waktu. Hasil respon siswa terhadap strategi pembelajran REACT rata-rata menunjukkan respon yang positif.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENERAPAN STRATEGI REACT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMAN 1 BANDA ACEH (LAILATUL QADRI, 2019)

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN REACT DAN QUANTUM TEACHING DALAM MATA PELAJARAN IPS TERPADU DI SMP NEGERI 8 BANDA ACEH (Amalia Husna, 2017)

PENERAPAN PENDEKATAN REACT PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL DI KELAS VII MTSN RUKOH BANDA ACEHTAHUN PELAJARAN 2014/2015 (Siti Indira Jannah, 2015)

KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA MELALUI STRATEGI REACT DI SMPN 17 BANDA ACEH (RIMA SYAFRINA, 2019)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS DI KELAS VIII SMP NEGERI 9 BANDA ACEH (Isra Wulan Sari, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy