//

JUMLAH SEL GOBLET PADA USUS HALUS AYAM KAMPUNG ( GALLUS GALLUS DOMESTICUS ) JUMLAH SEL GOBLET PADA USUS HALUS AYAM KAMPUNG (GALLUS GALLUS DOMESTICUS)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Atikahusnah - Personal Name

Abstrak/Catatan

Penelitian ini bertujuan menghitung jumlah sel Goblet pada usus halus ayam kampung (Gallus gallus domesticus). Penelitian ini menggunakan usus halus dari 3 ekor ayam kampung jantan berumur ±6 bulan. Usus halus dibagi menjadi 3 bagian duodenum, jejenum dan ileum. Pada masing-masing bagian dipotong 2 cm dan ditempelkan diatas kertas karton, usus halus dibuka dan dibilas dengan Neutral Buffered Formalin (NBF) 5% serta difiksasi menggunakan NBF 10% dan dibuat preparat histologi. Dimulai dari fiksasi, dehidrasi, penjernihan, pembenaman, pengecoran dan pemotongan dengan ketebalan 5 µm. Proses selanjutnya dilakukan pewarnaan dengan menggunakan Periodic Acid Schiff. Parameter dalam penelititan ini adalah jumlah sel Goblet per 1000 sel absortif pada vili usus halus bagian duodenum, jejenum, dan ileum. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata jumlah sel Goblet pada usus halus ayam kampung adalah duodenum (202,0±10,00); jejenum (240,0±17,32) dan ileum (238,6±15,01). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa jumlah sel Goblet pada usus halus ayam kampung (Gallus gallus domesticus) adalah tertinggi pada jejenum, kemudian ileum dan yang paling terendah pada duodenum.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

JUMLAH SEL MAST PADA USUS HALUS AYAM KAMPUNG (GALLUS GALLUS DOMESTICUS) (RAHMAN ALFARISY, 2018)

JUMLAH SEL GOBLET PADA USUS HALUS AYAM KAMPUNG (GALLUS DOMESTICUS) YANG TERINFEKSI ASCARIDIA GALLI SECARA ALAMI (connie januari, 2015)

GAMBARAN HISTOPATOLOGI USUS HALUS AYAM KAMPUNG (GALLUS GALLUS DOMESTICUS) YANG TERINFESTASI TINGGI OLEH ASCARIDIA GALLI (SHAHNAZ RAYZA LUBIS, 2019)

JUMLAH SEL GOBLET PADA VILLI USUS HALUS AYAM KAMPUNG (GALLUS DOMESTICUS) YANG TERINFEKSI ASCARIDIA GALLI SECARA ALAMI (Ikhwan Amir, 2016)

IDENTIFIKASI CANDIDA SP PADA TEMBOLOK AYAM KAMPUNG (GALLUS GALLUS DOMESTICUS) DAN ITIK (ANAS PLATYRHYNCHOS DOMESTICUS) (NUR RAHMI, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy