//

PERKEMBANGAN POS KEADILAN PEDULI UMAT (PKPU) ACEH, 2004-2016

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang M.yunus - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Yunus, M. 2017. Perkembangan Pos Keadilan Peduli Umat (PKPU) Aceh 2004- 2016. Skripsi, Jurusan Pendidikan Sejarah, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Drs. Mawardi, M.Hum., MA. (2) Drs. Anwar Yoesoef, M.Si. Kata Kunci: PKPU Lembaga Kemanusiaan Nasional Penelitian yang berjudul “Perkembangan Pos Keadilan Peduli Ummat (PKPU) Aceh, 2004-2006.” ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) Latar Belakang Lahirnya PKPU Aceh (2) Perkembangan PKPU Aceh dan (2) Kenapa PKPU Masih Tetap Eksis di Aceh Pasca Masa Rekontruski dan Rehabilitasi Aceh. Pendekatan yang digunakan dalan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode sejarah. Data penelitian ini bersumber dari sumber primer dan sekunder, pengumpulan data dilakukan dengan empat cara yaitu, studi kepustakaan, observasi, wawancara dan dokumentasi, Sedangkan kritik analisis data dilakukan dengan cara menggunakan kritik sumber atau verifikasi, kemudian dilanjutkan dengan penafsiran sumber dan teknik penulisan sejarah menggunakan sistematika historiografi. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa (1) Perkembangan Pos Keadilan Peduli Umat (PKPU) Aceh sejak 2004-2016 telah membawa perubahan bagi kehidupan sosial masyarakat di Aceh. Khususnya kehidupan fakir/miskin, anak yatim dan kaum dhuafa. Mereka rutin dibina melalui pelatihan, pemberian modal usaha, bagi anak yatim disediakan asrama dan disekolahkan secara gratis sampai ke jenjang pendidikan yang tinggi. (2) saat ini PKPU rutin mengelolah program-program kemanusiaan bagi masyarakat yaitu dari bidang pendidikan, ekonomi, kesehatan, tanggap darurat, sosial dan anak yatim. Selama 12 tahun berkiprah di Aceh PKPU semakin meluas dan global, menunjukkan kerja nyata dan profesional dalam peristiwa kemanusiaan di berbagai tempat. dan (3) Kepercayaan masyarakat kepada PKPU masih sangat tinggi, ini terbukti pengelolaan dana dari masyarakat baik zakat, infak dan sedekah maupun dana CSR perusahaan dipercayakan sama PKPU. Simpulan penelitian ini adalah PKPU bisa memberi solusi dan mengajak semakin banyak orang yang punya semangat yang sama untuk bergerak menebar kebaikan. Lembaga ini hadir bukan sekedar badan amal tapi juga merancang program solutif untuk menebar kemandirian dan rasa berdaya yang membuat masyarakat mampu berdikari dan mentas dari segala permasalahan.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS PERLAKUAN AKUNTANSI ZAKAT BERDASARKAN SAK SYARIAH PADA LEMBAGA AMIL ZAKAT (LAZ) POS KEADILAN PEDULI UMMAT (PKPU) ACEH (Muhajirin, 2014)

HUBUNGAN ANTARA SENSE OF COMMUNITY DENGAN MOTIVASI KERJA PADA RELAWAN POS KEADILAN PEDULI UMAT (PKPU) ACEH (Ichwan Azmi, 2018)

ASUPAN KALORI MAKANAN UNTUK SISWI DI ASRAMA POS KEADILAN PEDULI UMAT (PKPU) DESA COT SURUY KECAMATAN INGIN JAYA ACEH BESAR (Reka Mahdalena, 2016)

PENGARUH KEADILAN INFORMASI, KEADILAN PROSEDURAL DAN KEADILAN DISTRIBUTIF TERHADAP KEPUASAN NASABAH INTERNET BANKING BANK MANDIRI DENGAN KEADILAN SISTEMIK SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (ARIE BUDI SETIAWAN, 2014)

KETERLIBATAN FORUM KERUKUNAN UMAT BERAGAMA DALAM MENYELESAIKAN KONFLIK AGAMA DI ACEH SINGKIL (STUDI KASUS PADA FORUM KERUKUNAN UMAT BERAGAMA DI ACEH SINGKIL) (Darniati, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy