//

PENINGKATAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS DAN MOTIVASI SISWA MADRASAH TSANAWIYAH (MTS) MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) BERBANTUAN PETA KONSEP

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Mauliana - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Mauliana (2018). Peningkatan Kemampuan Koneksi Matematis dan Motivasi Siswa Madrasah Tsanawiyah (MTs) melalui Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) Berbantuan Peta konsep. Pembelajaran matematika yang melibatkan siswa secara aktif dalam menyelesaikan masalah kontekstual dapat meningkatkan kemampuan koneksi matematis dan motivasi belajar siswa. Akan tetapi, kenyataan di lapangan menunjukkan kurangnya keterlibatan siswa dalam menyelesaikan masalah kontekstual pada pembelajaran matematika sehingga berakibat kepada rendahnya kemampuan koneksi matematis dan kurangnya motivasi siswa dalam belajar matematika. Salah satu pendekatan yang dapat meningkatkan kemampuan koneksi matematis dan motivasi siswa adalah pendekatan CTL. CTL merupakan sebuah pendekatan pembelajaran yang mengaitkan materi ajar dengan kehidupan nyata siswa, sehingga siswa dapat mengaplikasikan pembelajaran dalam kehidupannya. Pembelajaran juga lebih bermakna ketika siswa mampu menghubungkan konsep baru dengan konsep-konsep yang ada dalam struktur kognitifnya, sehingga dibutuhkan bantuan peta konsep. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan koneksi matematis dan motivasi siswa yang diajarkan dengan menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) berbantuan peta konsep. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain Pretes-Postes Control Group Design. Instrumen yang digunakan berupa soal tes kemampuan koneksi matematis siswa dan angket motivasi siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTsN 4 Banda Aceh, sedangkan sampel yang dipilih adalah dua kelas yaitu kelas VII-4 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-2 sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan koneksi matematis dan motivasi siswa yang diajarkan dengan menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) berbantuan peta konsep lebih baik daripada siswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional. Kata Kunci: Kemampuan koneksi matematis, motivasi siswa, pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL), dan peta konsep.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS DAN PETA KONSEP SISWA SMP MELALUI MODEL PEMBELAJARAN ADVANCE ORGANIZER (SAMSUL BAHRI, 2015)

PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS DAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MACROMEDIA FLASH 8 (Ulfanuriza, 2018)

PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN SOFTWARE GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DAN MOTIVASI SISWA SMA (YUVERNI SELVY, 2018)

PENERAPAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) BERBASIS MEDIA LOKAL UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA KONSEP BUNYI DI SMP NEGERI 1 DARUSSALAM (WAHYUNI, 2013)

PENINGKATAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA MADRASAH TSANAWIYAH MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING (Listika Burais, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy