//

AKTIVITAS ANTIBAKTERI BAKTERIOSIN PRODUKSI BAKTERI ASAM LAKTAT (BAL) YANG DIISOLASI DARI USUS AYAM PETELUR SETELAH DIBERIKAN AKBISPROB TERHADAP BAKTERI ESCHERICHIA COLI DAN SALMONELLA SP.

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang FASHIHAH RAHMAH NOYA FARIMANSYAH - Personal Name

Abstrak/Catatan

AKTIVITAS ANTIBAKTERI BAKTERIOSIN PRODUKSI BAKTERI ASAM LAKTAT (BAL) YANG DIISOLASI DARI USUS AYAM PETELUR SETELAH DIBERIKAN AKBISprob TERHADAP BAKTERI Escherichia coli dan Salmonella sp. ABSTRAK Penelitian ini bertujuan mengetahui aktivitas antibakteri bakteriosin (supernatan bebas sel) Bakteri Asam Laktat (BAL) yang diisolasi dari usus ayam petelur setelah diberikan AKBISprob 4% Perlakuan P1 (diberikan setiap hari); P2 (diberikan tiga hari sekali); dan P3 (diberikan lima hari sekali). Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental dilakukan secara in vitro menggunakan metode Kirby Bauer agar difusi. Dua puluh empat isolat BAL yang diperoleh dari penelitian sebelumnya berdasarkan aktivitas terhadap Bacillus subtilis. Aktivitas antibakteri bakteriosin diukur berdasarkan zona hambat yang terbentuk terhadap bakteri indikator. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan 13 isolat BAL yang mempunyai aktivitas antibakteri terhadap E. coli dan Salmonella sp. Perlakuan P1 hanya ditemukan satu isolat BAL yaitu P1H2K1 yang berasal dari usus halus (H) dengan diameter zona hambat pada E. coli 3 mm termasuk kuat dan diameter zona hambat pada Salmonella sp. 1,3 mm termasuk lemah. Perlakuan P2 ditemukan dua isolat BAL yaitu P2H3K1 dan P2S1K1 yang berasal dari sekum (S) dengan rata-rata diameter E. coli 1,6-2,2 mm teermasuk lemah dan Salmonella sp. 2,8-2,9 mm termasuk sedang. Perlakuan P3 ditemukan sepuluh isolat BAL yaitu P3H1K1, P3H1K2, P3H1K3, P3H1K4, P3H2K1, P3S1K1, P3S1K2, P3S3K1, P3S3K2, dan P3S3K3 dengan rata-rata diameter E. coli 1,2-5,3 mm termasuk lemah sampai kuat dan Salmonella sp. 1,3-4,1 mm termasuk lemah sanpai kuat. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa bakteriosin produksi BAL memiliki aktivitas antibakteri terhadap Escherichia coli dan Salmonella sp.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KESEIMBANGAN BAKTERI PADA USUS AYAM PETELUR YANG DIBERI SINBIOTIK AKBISPROB (YOHANA KUMALA SARI, 2017)

PENGARUH ASAM LAKTAT DAN ASAM ASETAT TERHADAP AKTIVITAS ANTIBAKTERI BAKTERIOSIN PRODUKSI BAKTERI ASAM LAKTAT USUS AYAM PETELUR YANG DIBERI AKBISPROB (M. Ridha Maulana, 2018)

JUMLAH BAKTERI ASAM LAKTAT SELULITIK PADA USUS AYAM PETELUR SETELAH PEMBERIAN SINBIOTIK AKBISPROB (DIRGA RIZKI IMANDA, 2017)

UJI KETAHANAN BAKTERIOSIN PRODUKSI BAKTERI ASAM LAKTAT USUS AYAM PETELUR YANG DIBERI AKBISPROB TERHADAP SUHU DAN PH (LUTHFI PHONNA, 2018)

IDENTIFIKASI BAKTERI ASAM LAKTAT (BAL) BERSIFAT PROTEOLITIK PADA USUS AYAM PETELUR YANG DIBERI PAKAN FERMENTASI AKBISPROB 4% BERDASARKAN ANALISIS GEN 16S RRNA (AUGUSNAINI RAGIL, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy