//

ANALISIS PENERIMAAN PENDAPATAN ASLI DAERAH (PAD) DARI SEKTOR PARIWISATA DI PROVINSI ACEH DAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHINYA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Mirjan Fajrialda - Personal Name
SubjectREVENUE
TOURISM - INDUSTRY
Bahasa Indonesia
Fakultas Program Studi Magister Ilmu Ekonomi Universitas Syiah Kuala
Tahun Terbit 2018

Abstrak/Catatan

ANALISIS PENERIMAAN PENDAPATAN ASLI DAERAH (PAD) DARI SEKTOR PARIWISATA DI PROVINSI ACEH DAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHINYA Oleh Mirjan Fajrialda NIM: 1309200010013 Pembimbing: 1. Prof. Dr. Mohd. Nur Syechalad, MS 2. Prof. Dr. Raja Masbar, M. Sc ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh jangka panjang dan jangka pendek antara pendapatan asli daerah dengan jumlah kunjungan wisata, jumlah hotel, jumlah objek wisata dan lama kunjungan wisata di Provinsi Aceh, serta juga menganalisis hubungan kausalitas baik secara bivariat maupun multivariat antara variabel tersebut dengan menggunakan data time series mulai dari tahun 1992 sampai tahun 2016. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Autoregresive Distributed Lag (ARDL), untuk mengetahui keseimbangan antara variabel dan hubungan kausalitas. Hasil uji penelitian menunjukkan bahwa jumlah objek wisata mempunyai pengaruh negatif dengan pendapatan asli daerah baik dalam jangka panjang maupun jangka pendek, jumlah kunjungan wisata mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap penerimaan pendapatan asli daerah dalam jangka panjang maupun jangka pendek serta jumlah hotel dan lama kunjungan wisata juga signifikan dalam mempengaruhi penerimaan pendapatan asli daerah dan mempunyai pengaruh positif dalam jangka panjang maupun jangka pendek. Kemudian hasil uji kausalitas bivariat menemukan bahwa adanya hubungan kausalitas satu arah (unidirectional causality) antara jumlah hotel dengan jumlah kunjungan wisata, juga hubungan kausalitas dua arah (bidirectional causality) antara jumlah hotel dengan jumlah kunjungan wisata dengan pendapatan asli daerah. Berdasarkan hasil uji tersebut dapat dikatakan bahwa jumlah hotel dan jumlah kunjungan wisata mempunyai peran yang sangat signifikan dalam meningkatkan penerimaan pendapatan asli daerah sehingga kedua hal tersebut perlu dijaga kestabilannya. Kata Kunci: Jumlah Kunjungan Wisata, Jumlah Hotel, Jumlah Objek Wisata, Lama Kunjungan Wisata, ARDL, Kausalitas.  

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS EFEKTIVITAS DAN KONTRIBUSI PENERIMAAN PAJAK DAN RETRIBUSI DAERAH TERHADAP PENDAPATAN ASLI DAERAH KABUPATEN/KOTA DI PROVINSI ACEH TAHUN 2011-2015 (Mulyana Utami, 2017)

ANALISIS PENGARUH JUMLAH WISATAWAN, JUMLAH OBJEK WISATA DAN JUMLAH HOTEL TERHADAP PENERIMAAN SEKTOR PARIWISATA DI KOTA BANDA ACEH (Maya Carlina, 2016)

ANALISIS EFEKTIVITAS DAN KONTRIBUSI PAJAK KENDERAAN BERMOTOR TERHADAP PENCAPAIAN TARGET PENDAPATAN ASLI DAERAH PROVINSI ACEH (Rahmatul Fitriya, 2017)

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENERIMAAN DAERAH SEKTOR PARIWISATA KOTA BANDA ACEH. (ZELVIAN SHELLA, 2014)

ANALISIS FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENDAPATAN ASLI DAERAH (PAD) KOTA LANGSA (ANDIKA PERKASA, SE, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy