//

PENGARUH PENGGUNAAN ARANG AKTIF DAN UREA TERHADAP DINAMIKA NITROGEN, SIFAT BIOLOGI TANAH DAN HASIL PADI SAWAH (ORYZA SATIVA L)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Maulida - Personal Name
SubjectRICE - FOOD CROP
UREA FERTILIZERS
SOIL BIOLOGY
NITROGEN FERTILIZERS
Bahasa Indonesia
Fakultas Program Pasca Sarjana Universitas Syiah Kuala
Tahun Terbit 2013

Abstrak/Catatan

Maulida, 2013.Pengaruh Penggunaan Arang Aktif dan Urea terhadap Dinamika Nitrogen, Sifat Biologi Tanah dan Hasil Padi Sawah (Oryza sativa L.). Tesis Magister, Program Pascasarjana Universitas Syiah Kuala, dibawah bimbingan Muyassir dan Husni ABSTRAK Urea yang terbungkus arang aktif diyakini dapat melepaskan N secara berlahan-lahan, sehingga untuk mengetahui pengaruh arang aktif dan urea terhadap dinamika nitrogen, sifat biologi tanah dan hasil padi sawah (Oryza sativa L.) penelitian ini dirancang dalam bentuk kelompok faktorial yang disusun dalam bentuk Acak Kelompok Pola Faktorial. Faktor pertama adalah arang aktif yang terdiri atas 0, 60, 120 dan 180 kg ha-1 dan faktor urea yang terdiri atas 0, 150, 300 kg ha-1. Hasil penelitian menunjukkan bahwa arang aktif berpengaruh nyata terhadap N-Total tanah, C-organik tanah, total mikroorganisme tanah, azotobacter dan hasil tanaman padi. Pemupukan urea berpengaruh nyata terhadap N-Total tanaman,N-total tanah, C-organik tanah, total mikroorganisme, azotobacter, mikroorganisme pelarut fosfat, respirasi, berat 1000 butir gabah, dan hasil tanaman padi. Kombinasi perlakuan arang aktif dan pupuk urea berpengaruh nyata terhadap N-Total tanah pada 21, 35 HST, setelah panen, C-organik tanah pada 21, 35, 49 HST, setelah panen, total mikroorganisme, dan azotobacter. Kata kunci: Arangaktif, pupuk urea, dinamika nitrogen, sifat biologi tanah hasil padi sawah

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PEMBUATAN PUPUK UREA-MAGNESIUM SLOW RELEASE DARI KOMPOSIT ABU SEKAM PADI-LATEKS-KITOSAN DAN UJI EFEKTIVITAS PADA TANAMAN PADI (ORYZA SATIVA L.) (Fera Muzdalifah, 2018)

PERBANDINGAN KETERSEDIAAN NITROGEN PADA MEDIA TANAM SIMULASI DARI PUPUK UREA BERBENTUK PRILL, TABLET, DAN UREA SLOW RELEASE (Alfaruq Chandra Kusuma, 2017)

SINTESIS DAN UJI KINERJA PUPUK UREA SLOW RELEASE PADA PERTUMBUHAN TANAMAN JAGUNG (ZEA MAYS L.) (Zuraida, 2014)

PENGARUH RESIDU BIOCHAR SERTA KOMBINASI KOMPOS DAN UREA TERHADAP SIFAT FISIKA TANAH INCEPTISOL PADA LAHAN YANG DITANAMI JAGUNG (MOULINA SARI BANCIN, 2015)

OPTIMASI AKTIVITAS SELULASE PADA SUBSTRAT DEDAK PADI DENGAN VARIASI AIR KELAPA, UREA DAN INOKULUM TRICHODERMA HAMATUM WSY-03 (Furqan Rahmat W, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy