//

PERBANDINGAN KARAKTER ANTARA SISWA SEKOLAH DASAR ISLAM KARAKTER NURUL QUR’AN DAN SEKOLAH DASAR NEGERI UNGGUL LAMPENEURUT ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Apriliani Agustini - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Agustini, Apriliani. 2017. Perbandingan Karakter Antara Siswa SDIK Nurul Qur’an dan SD N Unggul Lampeneurut Aceh Besar. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Drs. Sulaiman, M.Si., (2) Ruslan, S.Pd, M.Ed Kata kunci: Karakter Setiap individu memiliki karakter yang berbeda-beda. Pada hakihatnya siswa memiliki karakter dasar yang telah ditanamkan oleh orang tua mereka. Orang tua berperan penting dalam pembentukan karakter anak, karakter yang diinginkan tentunya karakter yang baik, sehingga anak bisa diterima kehadirannya oleh masyarakat. Rumusan masalah dalam penelitian ini apakah terdapat perbandingan karakter antara siswa SDIK Nurul Qur‟an dan siswa SD Negeri Unggul Lampeneurut Aceh Besar. Penelitan ini bertujuan untuk mengidentifikasi perbandingan karakter antara siswa pada kedua sekolah tersebut. Pendekatan pada penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian komparatif. Dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah seluruh siswa SDIK Nurul Qur‟an yang berjumlah 89 siswa dan siswa SD Negeri Unggul Lampeneurut Aceh Besar yang berjumlah 109 siswa. Sampel pada penelitian meliputi siswa kelas IV SDIK Nurul Qur‟an berjumlah 89 siswa dan siswa kelas IV SD Negeri Unggul Lampeneurut Aceh Besar berjumlah 109 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara penyebaran angket tentang karakter yang baik. Berdasarkan hasil perhitungan statistik pada taraf kepercayaan 5% maka diperoleh hasil perhitungan keseluruhan nilai signifikansi = 0,000. SDIK Nurul Qur‟an memperoleh nilai rata-rata 1.578 sedangkan SD Negeri Unggul Lampeneurut Aceh Besar memperoleh nilai rata-rata 1.451 dengan perbedaan rata-rata dalah 12,6. Berdasarkan hasil perhitungan ini maka terbukti nilai signifikansi < 0,05 (0,000 < 0,05) maka dapat ditarik kesimpulan bahwa ???????? diterima dan ????0 ditolak. Simpulan penelitian ini adalah terdapat perbandingan karakter yang signifikan antara siswa SDIK Nurul Qur‟an dan SD Negeri Unggul Lampeneurut Aceh Besar.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

UPAYA GURU BERPRESTASI (TELADAN) DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA (STUDI KASUS) DI SEKOLAH DASAR NEGERI UNGGUL LAMPEUNEURUT KECAMATAN DARUL IMARAH ACEH BESAR (VIRNA AFTALIA, 2018)

PERAN GURU PENDIDIKAN JASMANI DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA PADA SEKOLAH DASAR TAHUN AJARAN 2013 (APRIANDI PUTRA, 2015)

PEMBINAAN AKHLAK TERHADAP SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI SD NEGERI UNGGUL LAMPENEURUT ACEH BESAR (FATIMAH JURAINI, 2018)

PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN DI SD NEGERI 43 BANDA ACEH (GISA SAKASIRANA, 2018)

PENGIMPLEMENTASIAN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM BUDAYA SEKOLAH DI SD NEGERI LAM ILIE KABUPATEN ACEH BESAR (MUDASSIR, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy