//

INFLASI DAN PENGANGGURAN DI NEGARA-NEGARA KAWASAN ASIA TENGGARA: PENDEKATAN KURVA PHILLIPS

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Malia - Personal Name
SubjectECONOMIC GROWTH
INFLATION (ECONOMICS)
UNEMPLOYMENT
Bahasa Indonesia
Fakultas Program Studi Magister Ilmu Ekonomi Universitas Syiah Kuala
Tahun Terbit 2018

Abstrak/Catatan

INFLASI DAN PENGANGGURAN DI NEGARA-NEGARA KAWASAN ASIA TENGGARA: PENDEKATAN KURVA PHILLIPS Malia NIM.: 1509200010017 Pembimbing: 1. Dr. Aliasuddin, M. Si 2. Dr. Sofyan Syahnur, M. Si ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan dan pengaruh antara inflasi dan pengangguran di 10 negara Kawasan Asia Tenggara untuk tahun 1996-2016, dengan menggunakan 210 sampel data. Berdasarkan pendekatan linear, dilakukan analisis tentang eksistensi Kurva Phillips di negara-negara Kawasan Asia Tenggara menggunakan Model Data Panel Dinamis dengan metode estimasi Panel GMM/DPD. Sedangkan pendekatan non-linear menggunakan model persamaan kuadratik, diestimasi menggunakan Pooled Least Squared (PLS) untuk menentukan nilai inflasi dan pengangguran optimal di negara-negara Kawasan Asia Tenggara. Hasil penelitian dengan pendekatan linear menunjukkan penggunaan Instrument Variabel (IV) valid terhadap model dan menghasilkan hubungan negatif dan signifikan antara inflasi dan pengangguran yang berarti bahwa terjadi trade-off, sehingga eksistensi Kurva Phillips dapat dibuktikan. Sedangkan dari pendekatan non-linear diperoleh nilai inflasi optimal sebesar 3,996% 4 % dan pengangguran optimal sebesar 8,04 % 8% untuk Kawasan Asia Tenggara. Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan kepada para pengambil kebijakan agar dapat menentukan kebijakan ekonomi yang sesuai kebutuhan dan kultur sosio-ekonomi negaranya, sehingga dapat berperan dalam mengatasi permasalahan inflasi dan pengangguran. Setiap negara dalam Kawasan Asia Tenggara dapat menentukan tingkat inflasi dan pengangguran yang optimal, juga berusaha semaksimal mungkin untuk dapat menekan angka inflasi dan pengangguran sehingga kestabilan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat dapat terjaga. . Kata Kunci : Inflasi, Pengangguran, Kurva Phillips, Negara Kawasan Asia Tenggara.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

INFLASI, PENGANGGURAN DAN ESTIMASI NON-ACCELERATING INFLATION RATE OF UNEMPLOYMENT (NAIRU) DI INDONESIA : PENDEKATAN KURVA PHILLIPS (NURUL HAFNATI, 2018)

PENGARUH MIGRASI, INFLASI, DAN UPAH MINIMUM REGIONAL (UMR) TERHADAP PENGANGGURAN KOTA BANDA ACEH (DWIKA ASHIFA PUTRI, 2018)

ANALISIS PENGARUH UMP, INFLASI DAN PENGANGGURAN TERHADAP KEMISKINAN PROVINSI ACEH (KHAIRIL IHSAN, 2018)

INTEGRASI EKONOMI NEGARA ASEAN-5: MODEL PANEL GENERALIZED METHOD OF MOMENTS (GMM) (KHAIRITA H, 2018)

PENGARUH SURAT UTANG NEGARA TERHADAP PDB DAN INFLASI DI INDONESIA (CUT IDI KEUMALA DEWI, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy