//

EVALUASI TINGKAT KEBUGARAN JASMANI SISWA KELAS TINGGI SD NEGERI LAMBARO ANGAN ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Dermiansyah - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Dermiansyah.2017. Evaluasi Tingkat kebugaran Jasmani Siswa Kelas Tinggi SD Negeri Lambaro Angan Aceh Besar. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala, Pembimbing: (1) Dr. Razali, M.Pd ., (2) Ifwandi, S.Pd., M.Pd . Kata kunci: Kebugaran Jasmani, SD Negeri Lambaro Angan Kebugaran jasmani merupakan kesanggupan dan kemampuan untuk melakukan pekerjaan atau aktifitas tanpa mengalami kelelahan yang berarti atau berlebihan. Kebugaran jasmani sangat erat kaitannya dengan kegiatan manusia dalam melakukan pekerjaan maupun bergerak. Selain itu kebugaran jasmani juga berfungsi untuk meningkatkan kinerja bagi siapapun, sehingga dapat melaksanakan tugas-tugasnya secara optimal untuk mendapatkan hasil yang lebih baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kebugaran jasmani siswa kelas tinggi SD Negeri Lambaro Angan Aceh Besar. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif, karena penelitian ini tertuju pada masa sekarang ini. Populasi dalam penelitian ini yaitu 153 orang, sampel diambil dengan teknik simple proportional sampling sebanyak 25% atau 40 orang siswa kelas tinggi SD Negeri Lambaro Angan. Data dikupulkan dengan menggunakan tes kebugaran jasmani, yaitu sebagai berikut: (1) lari cepat 40 meter, (2) tes gantung siku tekuk, (3) tes baring duduk 30 detik, (4) tes loncat tegak, dan (5) tes lari 600 meter. Data yang telah terkumpul dari hasil tes yang telah dilakukan, dirangkup dalam suatu tabel hasil pengumpulan data, masing-masing dianalisis menggunakan rumus yang sesuai dengan data yang diperoleh. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data, maka dapat disimpulkan bahwa rata-rata tingkat kebugaran jasmani siswa kelas tinggi SD Negeri Lambaro Angan Aceh Besar sebesar 13,48 (berada pada kategori kurang). Dengan rincian sebagai berikut: (1) sebanyak 2 orang siswa (5%) berada pada kategori sangat baik, (2) sebanyak 6 orang siswa (15%) berada pada kategori baik, (3) sebanyak 10 orang siswa (25%) berada pada kategori sedang, (4) sebanyak 14 orang siswa (35%) berada pada kategori kurang, dan (5) sebanyak 8 orang siswa (20%) berada pada kategori kurang sekali.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

EVALUASI KEBUGARAN JASMANI SISWA SMP ABULYATAMA LAM ATEUK ACEH BESAR TAHUN 2013/2014 (Agus Riyanto, 2017)

EVALUASI TINGKAT KEBUGARAN JASMANI SISWA KELAS TINGGI SEKOLAH DASAR NEGERI 9 BANDA SAKTI LHOKSEUMAWE TAHUN 2014 (Rizal, 2015)

IMPLEMENTASI METODE DISCOVERY PADA PELAJARAN IPA MATERI PROSES DAUR AIR DAN KEGIATAN MANUSIA DI KELAS V SD NEGERI LAMBARO ANGAN KABUPATEN ACEH BESAR (NUR RASYIDAH, 2015)

TINGKAT KEBUGARAN JASMANI PADA SISWA SMP NEGERI 1 JEUNIB KABUPATEN BIREUEN TAHUN PELAJARAN 2014/2015 (MARDHANI, 2015)

HUBUNGAN KEMAMPUAN MOTORIK DENGAN TINGKAT KEBUGARAN JASMANI SISWA KELAS VI PADA SEKOLAH DASAR (SD) NEGERI 3 BAKTIYA KABUPATEN ACEH UTARA (MAULANA IQBAL, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy