//

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI STATUS GIZI IBU HAMIL DI PUSKESMAS KOPELMA DARUSSALAM KECAMATAN SYIAH KUALA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Isnawati - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Angka kematian ibu pada masa kehamilan dipengaruhi oleh faktor risiko antara lain faktor gizi selama kehamilan. Status gizi merupakan alat ukur keberhasilan dalam memenuhi nutrisi ibu hamil. Kekurangan gizi selama masa kehamilan memberi dampak pada ibu maupun janin yang dikandungnya. Tujuan penelitian ini mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi status gizi ibu hamil di Puskesmas Kopelma Darussalam Kecamatan Syiah Kuala Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan rancangan cross sectional. Populasi penelitian adalah ibu hamil dengan jumlah sampel 30 orang dengan teknik accidental sampling. Hasil uji korelasi antara tingkat pengetahuan terhadap status gizi sebesar 0,392 dan nilai signifikasi yang diproleh sebesar 0,03 (< 0,05). Hasil uji korelasi antara status kesehatan terhadap status gizi sebesar 0,474 dan nilai signifikasi yang diproleh sebesar 0,008 (< 0,05). Hasil uji korelasi antara sanitasi makanan terhadap status gizi sebesar 0,490 dan nilai signifikasi yang diproleh sebesar 0,006 (< 0,05). Hasil uji korelasi antara status ekonomi terhadap status gizi sebesar 0,397 dan nilai signifikasi yang diproleh sebesar 0,03 (< 0,05). Hasil uji korelasi antara sosial budaya terhadap status gizi sebesar 0,507 dan nilai signifikasi yang diproleh sebesar 0,004 (< 0,05). Kesimpulan dari penelitian ini terdapat hubungan yang signifikan antara tingkat pengetahuan, status kesehatan, sanitasi makanan, status ekonomi dan sosial budaya terhadap status gizi ibu hamil. Kata Kunci : Status Gizi Ibu Hamil, Pengetahuan, Status Kesehatan, Sanitasi Makanan, Status Ekonomi, Sosial Budaya

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

GAMBARAN PEMENUHAN KEBUTUHAN NUTRISI IBU HAMIL DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS DARUSSALAM BANDA ACEH TAHUN 2013 (Rezki Febriyana, 2014)

HUBUNGAN PENGETAHUAN IBU DAN SOSIAL EKONOMI ORANG TUA SERTA GIZI ANAK TERHADAP PERKEMBANGAN ANAK DI PAUD NURUL IMAN KOPELMA DARUSSALAM BANDA ACEH (Khaliza Maulina, 2016)

HUBUNGAN STATUS GIZI IBU HAMIL DENGAN KEJADIAN BAYI BERAT LAHIR RENDAH (BBLR)DI RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH TAHUN 2012 (NOPHIA KUSMAWATI, 2015)

TINGKAT PENGETAHUAN IBU HAMIL PRIMIGRAVIDA TENTANG PERSIAPAN PERSALINAN DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS KOPELMA DARUSSALAM KOTA BANDA ACEH TAHUN 2013 (Popi Lya Destari, 2014)

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU IBU DENGAN PEMBERIAN MP-ASI PADA ANAK USIA 6-24 BULAN DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS KOPELMA DARUSSALAM BANDA ACEH (NURUL RACHMAH, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy