//

HUBUNGAN KELENTUKAN PERGELANGAN TANGAN DAN KEKUATAN OTOT TUNGKAI DENGAN KEMAMPUAN JUMPSERVICE PADA ATLET BOLA VOLI HIMADIRGA TAHUN 2016

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Isfahani - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Isfahani.2017. Hubungan Kelentukan Pergelangan Tangan dan Kekuatan Otot Tungkai dengan Kemampuan Jump Service Pada Atlet Bola Voli Himadirga Tahun 2016. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala, Pembimbing: (1) Dr. Saifuddin, M.Pd ., (2) Masri, S.Pd., M.Pd . Kata kunci: kelentukan pergelangan tangan,kekuatan otot tungkai, jump service. Untuk melakukan jump service yang baik setiap atlet memerlukan pendukung kondisi fisik, diantaranya kelentukan pergelangan tangan dan kekuatan otot tungkai, pemain yang power otot tungkainya baik dan kelentukan pergelangan tangannya juga baik dapat melompat dan menempatkan bola tepat pada daerah dimana lawan sulit memainkan bola.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kelentukan pergelangan tangan dan kekuatan otot tungkai dengan kemampuan jump service atlet bola voli Himadirga tahun 2016. Jenis penelitian termasuk dalam penelitian korelasi.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh atlet bola voli Himadirga tahun 2016 yang berjumlah 15 Orang.Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik total sampling, maka sampel dalam penelitian adalah seluruh atlet bola voli Himadirga Tahun 2016 yang berjumlah 15 Orang. Pengumpulan data dilakukan dengan tes kelentukan pergelangan tangan, tes kekuatan otot tungkai dan tes kemampuan jump service.Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan teknik statistik. Hasil analisis data yang diperoleh adalah: (1) terdapat hubungan yang signifikan antara kelentukan pergelangan tangan dengan kemampuan jumpservice (rx1y = 0,68), kelentukan pergelangan tangan memberikan sumbangan 46,24% terhadap kemampuan jumpservice, (2) terdapat hubungan yang signifikan antara kekuatan otot tungkai dengan kemampuan jumpservice (rx2y = 0,52), kekuatan otot tungkai memberikan sumbangan 27,04% terhadap kemampuan jumpservice, (3) terdapat hubungan yang signifikan secara bersama-sama antara kelentukan pergelangan tangan dan kekuatan otot tungkai dengan kemampuan jumpservice(Rx1x2y = 0,71), kelentukan pergelangan tangan dan kekuatan otot tungkai secara bersama-sama memberikan sumbangan 50,41% terhadap kemampuan jump service.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN KELENTUKAN PERGELANGAN TANGAN DAN TINGGI LOMPATAN DENGAN HASIL SMASH BOLA VOLI PEMAIN BOLA VOLI TIM HIMADIRGA UNSYIAH (Mirja Saputra, 2016)

KONTRIBUSI KEKUATAN OTOT TUNGKAI DAN KELENTUKAN PERGELANGAN KAKI TERHADAP RENANG GAYA BEBAS (Mubdi Ussalam, 2015)

HUBUNGAN KELENTUKAN PERGELANGAN KAKI DENGAN KEMAMPUAN MENGGIRING BOLA DALAM PERMAINAN SEPAKBOLA PADA KLUB SEPAKBOLA HIMADIRGA TAHUN AKADEMIK 2012/2013 (Heru Prasetiyo, 2013)

KONTRIBUSI KELENTUKAN PERGELANGAN TANGAN DAN KELINCAHAN DENGAN KEMAMPUAN MENDRIBEL BOLA BASKET PADA MAHASISWA PENJAKESREK UNSYIAH ANGKATAN 2012 (jumali, 2016)

HUBUNGAN KELENTUKAN PERGELANGAN KAKI DENGAN KEMAMPUAN SHOOTING PEMAIN SEPAKBOLA PADA KLUB HIMADIRGA UNSYIAH TAHUN 2014 (Radiansyah, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy