//

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DENGAN MIND MAPPING PADA MATERI HIMPUNAN DI KELAS VII SMP NEGERI 16 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang ULFA MEIRIDA - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Meirida, Ulfa. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning dengan Mind Mapping pada Materi Himpunan di Kelas VII SMP Negeri 16 Banda Aceh. Skripsi. Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Dr. Rahmah Johar, M.Pd (2) Dra. Tuti Zubaidah, M.Pd. Kata Kunci: Discovery Learning, Mind Mapping, Himpunan Model pembelajaran adalah model yang digunakan sebagai pedoman dalam merencanakan pembelajaran. Salah satu model pembelajaran yang disarankan oleh Kurikulum 2013 adalah model pembelajaran discovery learning. Namun, model pembelajaran discovery learning tidak menuntut untuk menuliskan rangkuman dari konsep-konsep yang terkait dengan materi yang dipelajari. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan memberikan tugas kepada siswa di akhir pertemuan untuk membuat mind mapping. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketuntasan belajar siswa, tingkat kemampuan siswa membuat mind mapping dan respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran discovery learning dengan mind mapping pada materi himpunan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan menggunakan uji-t dan persentase terhadap penerapan model pembelajaran discovery learning dengan mind mapping pada materi himpunan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Pre Experimental Design dengan desain One Shot Case Study. Adapun yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 16 Banda Aceh dengan sampel penelitian yaitu kelas VII-1 SMP Negeri 16 Banda Aceh yang berjumlah 21 siswa dipilih secara acak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran discovery learning dengan mind mapping dapat mencapai ketuntasan belajar pada materi himpunan, 2) Tingkat kemampuan siswa membuat mind mapping adalah 57,99 (cukup), dan 3) Hasil respon siswa terhadap pembelajaran matematika terhadap model pembelajaran discovery learning dengan mind mapping menunjukkan hasil yang baik.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA RNPADA PELAJARAN IPS MATERI PERKEMBANGAN SISTEM ADMINISTRASI WILAYAH INDONESIA DI KELAS VI RNSD NEGERI 16 BANDA ACEH (Ibrahim, 2015)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING PADA MATERI STATISTIKA DI KELAS XI SMA NEGERI 2 BANDA ACEH (Rizkia Arafahanisa, 2016)

PENERAPAN MODEL THINK TALK WRITE BERBANTUAN MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI HIMPUNAN (RENNI YUSDARDILLA P, 2019)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS DI KELAS VIII SMP NEGERI 9 BANDA ACEH (Isra Wulan Sari, 2016)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA MATERI IKATAN KIMIA DI KELAS X SMA NEGERI 5 BANDA ACEH (Silvia Wulandari, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy