//

REPRESENTASI TOLERANSI BERAGAMA MENURUT PANDANGAN ISLAM DALAM SERIAL ANIMASI UPIN DAN IPIN (ANALISIS SEMIOTIKA EPISODE BERJUDUL “GONG XI FA CAI” DAN “DUGAAN RAMADHAN”)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Maulizan Hidayat - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Penelitian ini berjudul Representasi Toleransi Beragama Menurut Pandangan Islam Dalam Serial Animasi Upin dan Ipin (Analisis Semiotika Episode Berjudul “Gong Xi Fa Cai” dan “Dugaan Ramadhan”). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sikap toleransi beragama yang direpresentasikan dalam serial animasi Upin dan Ipin episode berjudul "Gong Xi Fa Cai", dan "Dugaan Ramadhan". Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dimana peneliti melakukan analisis terhadap setiap scene yang mengandung nilainilai toleransi beragama Yusuf Al-Qaradhawi pada serial animasi Upin dan Ipin episode berjudul “Gong Xi Fa Cai” dan “Dugaan Ramadhan”. Penelitian ini menggunakan teori Semiotika Roland Barthes yang membagi pemaknaan berdasarkan denotasi, konotasi dan mitos. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat representasi toleransi beragama menurut pandangan islam dalam serial animasi Upin dan Ipin episode berjudul "Gong Xi Fa Cai", dan "Dugaan Ramadhan". Adapun sikap toleransi beragama menurut pandangan islam yang terdapat dalam serial animasi Upin dan Ipin episode berjudul "Gong Xi Fa Cai", dan "Dugaan Ramadhan" meliputi : 1) saling menghormati; 2) saling menghargai; 3) tidak menyalahkan kepercayaan orang lain; 4) berbuat adil pada semua. Kata Kunci: Representasi, Toleransi Beragama, Serial Animasi, Semiotika, dan Gong Xi Fa Cai.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS NILAI MORAL DALAM SERIAL ANIMASI ONE PIECE KARYA EIICHIRO ODA (Silvy Indriani Putri, 2017)

REPRESENTASI PESAN MORAL ISLAM DALAM FILM HIJRAH CINTA (Marhamah, 2016)

ANALISIS SEMIOTIKA PRODUCT PLACEMENT DALAM FILM LOKAL ACEH (STUDI PADA FILM EUMPANG BREUH SERIAL 8) (fitria anggraini, 2018)

REPRESENTASI NILAI-NILAI JURNALISME PERANG PADA HARIAN THE NEW YORK TIMES (ANALISIS SEMIOTIKA FOTO OMRAN DAQNEESH EDISI 18 AGUSTUS 2016) (Yayan Pria Nanda, 2017)

REPRESENTASI NILAI-NILAI SEPARATIS DALAM FILM (ANALISIS SEMIOTIKA PADA FILM THE HUNGER GAMES MOCKINGJAY) (Zoelyanis, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy