//

PENGARUH RUMPON TERHADAP HASIL TANGKAPAN PURSE SEINE DI PERAIRAN UTARA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Munzir - Personal Name
SubjectFISH
FISHING - COMMERCIAL TECHNOLOGY
FADS
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS KELAUTAN DAN PERIKANAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2018

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Perairan Utara Aceh merupakan perairan yang berhubungan langsung dengan Samudera Hindia dan Selat Malaka. Perairan tersebut merupakan daerah penangkapan ikan bagi nelayan Banda Aceh, Aceh Besar dan Sabang. Salah satu faktor yang mempengaruhi berhasil tidaknya usaha penangkapan ikan adalah daerah penangkapan (fishing ground). Usaha yang dapat dilakukan untuk membuat suatu daerah penangkapan ialah dengan menggunakan rumpon sebagai alat untuk mengumpulkan ikan pada suatu kawasan. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui komposisi dan pengaruh hasil tangkapan pukat cincin (purse seine) yang menggunakan rumpon dan tidak menggunakan rumpon di perairan Utara Aceh. Langkah awal penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode experimental fishing, dimana peneliti mengikuti langsung operasi penangkapan ikan dengan menggunakan alat tangkap purse seine yang menggunakan alat bantu rumpon dan purse seine yang tidak menggunakan rumpon sebanyak 2 kapal dengan 24 kali setting. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil tangkapan kapal yang menggunakan rumpon mendapatkan hasil tangakapan lebih banyak dibandingkan kapal ikan yang tidak menggunakan rumpon. Hal ini dikarenakan rumpon menjadi tempat berlindung ikan. Rumpon juga dapat menjadi sumber makanan ikan karena terdapat plankton atau sumber makanan disekitarnya, selain itu rumpon juga dapat dijadikan sebagai tempat pemijahan. Kata Kunci: Purse seine, rumpon, hasil tangkapan.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH INDIAN OCEAN DIPOLE TERHADAP HASIL TANGKAPAN NELAYAN YANG MENGGUNAKAN ALAT TANGKAP PURSE SEINE DI PELABUHAN PERIKANAN PANTAI LAMPULO (mukhlis, 2013)

KAJIAN EFEKTIVITAS PEMANFAATAN RUMPON SEBAGAI ALAT BANTU PENANGKAPAN IKAN DI PANGKALAN PENDARATAN IKAN (PPI) PUSONG (Heri Rahmadani, 2018)

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR PRODUKSI TERHADAP HASIL TANGKAPAN NELAYAN PURSE SEINE DI PELABUHAN PERIKANAN SAMUDERA LAMPULO (Sarwita, 2018)

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR PRODUKSI TERHADAP HASIL TANGKAPAN PURSE SEINE DI TPI UJONG BAROH, ACEH BARAT (Teuku Zainal Arifin, 2017)

KAPASITAS PENANGKAPAN KAPAL PUKAT CINCIN DI PELABUHAN PERIKANAN SAMUDERA (PPS) KUTARAJA, KOTA BANDA ACEH (INDA MARDHATILLAH, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy