//

PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PROSES PERENCANAAN PEMBANGUNAN DESA DI GAMPONG BARABUNG KECAMATAN DARUSSALAM KABUPATEN ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Marlita - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Dalam pembangunan desa partisipasi sangat dibutuhkan guna mencapai tujuan bersama. Keberhasilan suatu program pembangunan bukan hanya berdasarkan pada pemerintah, tetapi juga berkaitan dengan partisipasi masyarakat menjalankan program pembangunan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Proses Perencanaan Pembangunan Desa: (2) Bentuk Partisipasi Masyarakat Dalam Proses Perencanaan Pembangunan Desa; (3) Faktor-Faktor Yang Menghambat Masyarakat Dalam Proses Perencanaan Pembangunan Desa. Metode Penelitian yang digunakan yaitu Deskripti Kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa; (1) Proses perencanaan pembangunan desa Di Gampong Barabung yaitu melihat kembali aturan-aturan yang mengatur dalam pembangunan serta dilakukan Musrembang/Musyawarah rencana pembangunan, dalam proses tersebut adanya peran aktif serta keterlibatan masyarakat untuk menyampaikan berbagai ide-ide/aspirasi-aspirasi mengenai kebutuhan masyarakat dalam pembangunan. (2) Bentuk Partisipasi Masyarakat yang diberikan dalam perencanaan pembangunan desa yaitu dengan mengikuti dan terlibat langsung dalam kegiatan Musrenbang. (3) faktor-faktor yang menghambat dalam proses perencanaan pembangunan yaitu; sulit mengatur waktu dengan masyarakat ketika disibukkan dengan musim sawah, pola pemikiran masyarakat terhadap pemahaman pembangunan yang masih kurang serta berasumsi sebagai kerja sampingan. Kata kunci: Partisipasi Masyarakat, Perencanaan, Pembangunan Desa

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

STUDI PARTISIPASI MARSYARAKAT DALAM PERENCANAAN PEMBANGUNAN KECAMATAN LHOKNGA KABUPATEN ACEH BESAR (Maryati, 2017)

PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PEMBANGUNAN DESA PUUEK DI KECAMATAN PEULIMBANG KABUPATEN BIREUEN (mahmudi, 2014)

PARTISIPASI MASYARAKAT DALAMRNPEMBANGUNAN GAMPONGRN(STUDI KASUS DI LAMPASEH ACEH KEC. MEURAXA PERIODE 2009-2014 DI KOTA BANDA ACEH) (husna, 2014)

TIPOLOGI KEPEMIMPINAN GEUCHIK GAMPONG PEUNITI KECAMATAN BAITURRAHMAN (SUATU KAJIAN TERHADAP PENINGKATAN PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PEMBANGUNAN GAMPONG) (Kurniawan Akbar Syahputra, 2016)

KAJIAN PELAKSANAAN PENGEMBANGAN DESA TANGGUH BENCANA DI GAMPONG PAYATIENG KECAMATAN PEUKAN BADA KABUPATEN ACEH BESAR (Ariyani, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy