//

STUDI PENERIMAAN CELAH DAN EFEKTIFITAS ZEBRA CROSS PADA JALAN 4 LAJUR 2 ARAH DENGAN MEDIAN (STUDI KASUS JALAN PROF. A. MAJID IBRAHIM, KOTA SIGLI)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang SAIFULLAH - Personal Name
SubjectROODS - ENGINEERING
Bahasa Indonesia
Fakultas Program Studi Magister Teknik Sipil Universitas Syiah Kuala
Tahun Terbit 2018

Abstrak/Catatan

STUDI PENERIMAAN CELAH DAN EFEKTIFITAS ZEBRA CROSS PADA JALAN 4 LAJUR 2 ARAH DENGAN MEDIAN (STUDI KASUS JALAN PROF. A. MAJID IBRAHIM, KOTA SIGLI) Oleh: Saifullah NIM. 1509200060032 Komisi Pembimbing: 1. Dr. Eng. Sugiarto, ST, M.Eng 2. Dr. Renni Anggraini, S.T., M.Eng ABSTRAK Seiring dengan perkembangan Kabupaten Pidie khususnya kota Sigli dengan jumlah penduduk yang semakin padat terutama di jalan Prof. A. Majid Ibrahim. Dengan semakin padat nya jumlah penduduk dan banyaknya jumlah kenderaan, sehingga mempengaruhi terhadap pedestrian yang ingin melakukan penyeberangan. Kajian ini mengevaluasi kebutuhan fasilitas penyeberangan di ruas jalan perkotaan berdasarkan “celah” yang diperlukan antara penyeberang dengan kendaraan terdekat melintas di depannya dengan menggunakan metode Brilon dan efektifitas dari zebra cross apakah keberadaannnya sudah benar-benar tepat yaitu dengan menggunakan metode statistik deskriptif dan uji hipotesa. Hasil analisis data memperlihatkan bahwa semakin tinggi kecepatan lalu-lintas, maka semakin besar celah yang dibutuhkan penyeberang. Untuk kecepatan rata-rata lalu lintas jalur Medan – Banda Aceh 47,13 km/jam maka nilai tcelah yang diperlukan 85% penyeberang dengan jarak menyeberang yang sama yaitu 7 meter, pada zebra cross 1 waktu pagi yaitu 7,71 detik, dan waktu siang 9,18 detik. Sedangkan untuk zebra cross 2 waktu pagi yaitu 8,69 detik, dan waktu siang 10,20 detik, dan untuk zebra cross 3 waktu pagi yaitu 5,74 detik, dan waktu siang 6,88 detik. Kemudian dari masih banyaknya terdapat peluang menyeberang dari ketiga zebra cross maka fasilitas zebra cross di Jalan Prof. A. Majid Ibrahim kota Sigli masih layak digunakan. Sedangkan untuk efektifitas zebra cross berdasarkan kecepatan 85% kenderaan dari 50 m dan 30 m maka dapat disimpulkan bahwa zebra cross di Jalan Prof. A. Majid Ibrahim kota Sigli tidak efektif, berdasarkan tidak adanya penurunan kecepatan kendaraan pada saat akan melewati zebra cross, kecepatan kenderaan pada 50 m dari zebra cross ≥ 30 m dari zebra cross. Kecepatan kendaraan cenderung stabil pada saat akan melewati zebra cross. Kata kunci; Pejalan Kaki, Fasilitas Zebra Cross, Celah Yang Diperlukan, Jalan Perkotaan, Ruas Jalan, Kecepatan Kenderaan

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

STUDI PENERIMAAN CELAH DAN EFEKTIFITAS ZEBRA CROSS PADA JALAN 4 LAJUR 2 ARAH DENGAN MEDIAN (STUDI KASUS JALAN PROF. A. MAJID IBRAHIM, KOTA SIGLI) (SAIFULLAH, 2018)

ANALISA KINERJA JALAN BLANGKEJEREN - KUTACANE (STUDI KASUS STA 476+000 S/D STA 477+000) (Kausar Hidayat, 2016)

EVALUASI KINERJA RUAS JALAN SYIAH KUALA BANDA ACEH TERHADAP PERILAKU PENYEBRANG PEJALAN KAKI (REVI SYAMDITIAN, 2017)

PUSAT PEMADAM KEBAKARAN KOTA SIGLI (Shamir Fahmi, 2015)

AUDIT KESELAMATAN JALAN PADA RUAS JALAN TENGKU IMUM LUENG BATA KOTA BANDA ACEH STA 0+000 SAMPAI DENGAN STA 2+500 (jefri reinaldi, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy