//

ANALISIS KELAYAKAN EKONOMI PEMBANGUNAN JALAN KRUENG MEUSAGOP – TEUPIN MANE (BIREUEN) DITINJAU DARI ASPEK CONSUMER SURPLUS

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang AFRIZAL - Personal Name
SubjectROADS - ENGINEERING
ROADS - LAND ECONOMICS
Bahasa Indonesia
Fakultas Program Studi Magister Teknik Sipil Universitas Syiah Kuala
Tahun Terbit 2018

Abstrak/Catatan

ANALISIS KELAYAKAN EKONOMI PEMBANGUNAN JALAN KRUENG MEUSAGOP – TEUPIN MANE (BIREUEN) DITINJAU DARI ASPEK CONSUMER SURPLUS Oleh : Afrizal NIM. 1509200060069 Komisi Pembimbing : 1. Dr. Ir. Sofyan M. Saleh, M.Sc.Eng, IPM 2. Dr. Eng. Sugiarto, ST. M. Eng Satu-satunya jalan menuju Kabupaten Aceh Tengah adalah dengan melalui jalan perkotaan di Kabupaten Kota Bireun, sehingga menyebabkan volume lalu lintas yang tinggi dan dapat meningkatkan kemacetan maupun resiko kecelakaan. Beban jalan nasional ini semakin bertambah karena juga digunakan untuk melayani kebutuhan pergerakan warga kota. Maka gagasan pembangunan jalan arteri alternatif di Kabupaten Bireuen merupakan salah satu upaya pemerintah setempat dalam menangani masalah tersebut, yaitu pembangunan Jalan Krueng Meusagop - Teupin mane sepanjang 47,35 Km. Nantinya pengguna jalan ruas Bireun – Aceh Tengah dapat menggunakan jalur alternatif tersebut yang selain itu juga bisa mengembangkan wilayah kecamatan Kota Bireun yang terisolir karena tidak adanya akses lalu lintas. Maka tujuan penelitian ini adalah untuk melihat seberapa besar penghematan nilai waktu dan biaya operasional kendaraan serta sejauh mana kelayakan ekonomi setelah dilaksanakannya pembangunan Jalan krueng Meusagop -Teupin mane kecamatan Simpang Mamplam - Juli Kabupaten Bireuen. Metode perhitungan kelayakan ekonomi yang dipakai dalam penelitian menggunakan Metode Benefit Cost Analysis (BCA) dari sisi consumer surplus, yaitu BCR, NPV dan IRR dan analisis sensitivitas. Hasil perhitungan BCA dengan diskonto/discount rate 10%, 12% dan 15% diperoleh untuk discount rate 10% nilai BCR 1,57 (>1), NPV 156.765.309.837 (positif), untuk discount rate 12% BCR 1,29 (>1), NPV 75.926.869.988 (positif), untuk discount rate 15%, BCR 0,99 ( 1), NPV 156.765.309.837 (positive), for discount rate 12% BCR 1.29 ( > 1), NPV 75.926.869.988 (positive), for discount rate 15%, BCR 0.99 (

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KELAYAKAN EKONOMI RENCANA PEMBANGUNAN JALAN KRUENG MEUSAGOP – TEUPIN MANE DARI ASPEK PRODUCER SURPLUS (MARWAN, 2018)

KAJIAN KELAYAKAN EKONOMI PEMBANGUNAN JALAN BATAS KOTA TAPAKTUAN – BAKONGAN (Khuzaifah, 2017)

ANALISIS PENGARUH PENERAPAN KONSEP GREEN ROADS TERHADAP MANAJEMEN LIMBAH PADA PROYEK KONSTRUKSI JALAN DI KOTA BANDA ACEH (FAJRI PUTRA UTAMA, 2018)

KAJIAN KELAYAKAN EKONOMI PENYELESIAN PEMBANGUNAN JALAN ELAK DI KABUPATEN ACEH UTARA (STUDI KASUS : JALAN ELAK KRUENG MANE - BUKETRATA) (Amirullah, 2016)

KAJIAN MANFAAT PEMBANGUNAN JALAN ALTERNATIF BERDASARKAN ANALISA CONSUMER SURPLUS DALAM EKONOMI TRANSPORTASI(STUDI KASUS RUAS JALAN BANDA ACEH – KRUENG RAYA – LAWEUNG – SIGLI) (T. Ikhsan, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy