//

KAJIAN KENYAMANAN PENGUNJUNG TERHADAP KELENGKAPAN FASILITAS HUTAN KOTA TIBANG, BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang MILFAT JIHAN - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Keberadaan ruang terbuka dalam suatu kota sebaiknya tersedia sebanyak 30% dari luas wilayah kota. Kota Banda Aceh mempunyai taman hutan kota Tibang yang menjadi bagian dari RTH hutan kota dan RTH taman kota. Sebagai taman kota dan hutan kota, taman hutan kota Tibang tidak hanya merupakan area hijau akan tetapi juga terdapat fasilitas pendukung didalamnya. Keberadaan fasilitas pendukung pada taman hutan kota Tibang ini sudah ada sejak awal pembangunan hingga saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengeinventaris kelengkapan fasilitas pada taman hutan kota Tibang sesuai dengan PerMen PU No.05/PRT/M/2008 kemudian mengevaluasi kenyamanan pengunjung terhadap fasilitas yang terdapat pada taman hutan kota Tibang serta memberikan alternatif desain. Subjek dalam penelitian ini yaitu pengunjung taman hutan kota yang sudah mengunjungi taman hutan kota Tibang lebih dari satu kali dan Dinas Lingkungan Hidup Kebersihan dan Keindahan Kota (DLHK3) Banda Aceh sebagai pengelola taman hutan kota Tibang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil wawancara yang telah dilakukan kepada pengunjung didapatkan hasil bahwa fasilitas yang kurang nyaman yaitu terdapat beberapa fasilitas yang memerlukan adanya pembaharuan seperti pusat informasi dan kios, kursi taman, area parkir, mushola, toilet umum, magrove board walk dan ramp canopy trail. Dengan adanya fasilitas yang kurang nyaman, maka diperlukan adanya alternatif desain. Kata Kunci : Ruang terbuka hijau, taman kota, hutan kota, kenyamanan pengguna

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

MODEL ARSITEKTUR POHON TANAMAN HUTAN KOTA BANDA ACEHRN(STUDI PADA HUTAN KOTA BNI TIBANG) (Khana Sari Pertiwi, 2014)

PERILAKU HARIAN KUPU-KUPU DANAUS CHRYSIPPUS DAN JENIS TUMBUHAN YANG DIKUNJUNGI DI HABITAT HUTAN KOTA GAMPONG TIBANG BANDA ACEH (Maulida M. Ali, 2013)

ANALISIS VEGETASI DI HUTAN KOTA BNI GAMPONG TIBANG KECAMATAN SYIAH KUALA KOTA BANDA ACEH SEBAGAI MEDIA PRAKTEK LAPANGAN EKOLOGI TUMBUHAN (Suryanita, 2014)

ANALISIS AKSESIBILITAS JALUR PEDESTRIAN TERHADAP PENYANDANG DIFABEL KOTA BANDA ACEH (Arthika Putri Syahfani, 2017)

EVALUASI KENYAMANAN TERMAL UNTUK PENGGUNA TAMAN KOTA( STUDI KHASUS : HUTAN KOTA BNI DAN TAMAN SARI BANDA ACEH ) (Dasmarita Yulida Safitri, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy