//

TRADISI KHANDURI APAM PADA MASYARAKAT ADAT GAMPONG REUSAK KECAMATAN SAMATIGA KABUPATEN ACEH BARAT

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang KHUSNA BORU TUMEANG - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Khusna Boru Tumeang.2017. Tradisi Khanduri Apam Pada Masyarakat Adat Gampong Reusak Kecamatan Samatiga Kabupaten Aceh Barat. Skripsi, Jurusan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala, Pembimbing: (1) Drs. M. Nasir Basyah, (2) Maimun, S.Pd., MA. Kata Kunci: tradisi, khanduri apam, Masyarakat adat Penelitian ini tentang “Tradisi Khanduri Apam Pada Masyarakat Adat Gampong Reusak Kecamatan Samatiga Kabupaten Aceh Barat. Penelitian ini berupaya mengungkapkan tentang sebuah tradisi yakni suatu pesta tradisional yang dilakukan pada suatu masyarakat adat Aceh untuk memperingati suatu peristiwa tertentu dengan menggunakan kue apam (serabi) sebagai penganan dalam pesta tersebut.. Adapun rumusan masalah yang dirumuskan dalam peneltian ini yaitu (1) Apakah makna yang terkandung dalam tradisi khanduri apam pada masyarakat adat gampong Reusak Kecamatan Samatiga Kabupaten Aceh Barat?, (2) Bagaimana prosesi khanduri apam dalam kehidupan masyarakat adat gampong Reusak Kecamatan Samatiga Kabupaten Aceh Barat?. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui makna yang terkadung dalam tradisi khanduri apam pada masyarakat adat gampong Reusak Kecamatan Samatiga Kabupaten Aceh Barat. (2) mengetahui bagaimana prosesi khanduri apam dalam kehidupan masyarakat adat gampong Reusak Kecamatan Samatiga Kabupaten Aceh Barat. Metode penelitan yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dengan teknik observasi dan wawancara. Penelitian berlokasi di gampong Reusak Kecamatan Samatiga Kabupaten Aceh Barat dengan jumlah subjek penelitian sebanyak 10 orang yang terbagi dalam 5 orang tokoh masyarakat dan 5 orang masyarakat biasa yang mengetahui, mengerti, dan pernah melaksanakan tradisi khanduri apam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) makna tradisi khanduri apam yaitu suatu kepercayaan masyarakat untuk mencapai apa yang dibutuhkan atau didoa’kan oleh seseorang kepada Allah SWT. dengan perantara kue apam, di dalam tradisi ini juga mengandung nilai-nilai kebersamaan dan toleransi. (2) langkah-langkah dalam prosesi khanduri apam yaitu pertama mengundang sanak keluarga dan tetangga dekat untuk membuat kue apam dan juga ikut mengundang tengku atau ustad untuk berdo’a, setelah dibuat apam maka apam tersebut dibagikan sebagai penganan untuk orang yang berhadir dalam kenduri tersebut. Simpulan dari penelitian ini yaitu walaupun banyak masyarakat yang sudah tidak mengetahui tentang makna yang terkandung dalam tradisi khanduri apam, tetapi mereka tetap melaksanakan tradisi ini. Saran dalam penelitian ini yaitu seharusnya seluruh masyarakat mengetahui makna tradisi khanduri apam dan ada upaya untuk melestarikan tradisi ini agar tetap terjaga dan dilaksanakan oleh masyarakat.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

EKSISTENSI TRADISI MEUROH DI GAMPONG ALUE TRIENGGADENG KECAMATAN LEMBAH SABIL KABUPATEN ACEH BARAT DAYA (Khairil Anwar, 2017)

NILAI-NILAI BUDAYA YANG MENDUKUNG PENDIDIKAN KARAKTER BANGSA DALAM PELAKSANAAN TRADISI UPACARA KHANDURI BLANG/TURUN SAWAH DI DESA ALUE SEUMAMBU KECAMATAN COT GIREK (Eka Rita, 2017)

PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP PELAKSANAAN SANKSI ADAT SESUAI TRADISI DIYAT (DIET) GAMPONG ( SUATU PENELITIAN DI DESA LAMPASEH LHOK KECAMATAN MONTASIK,ACEH BESAR ) (Nurlela, 2016)

PERGESERAN MAKNA NILAI SOSIAL TRADISI TOLAK BALA (STUDI PADA KECAMATAN BLANGPIDIE KABUPATEN ACEH BARAT DAYA) (JULIATI, 2016)

TRADISI BERBALAS PANTUN DALAM ADAT PERKAWINAN MASYARAKAT ACEH TAMIANG (“DILEMA KEUTUHAN DAN KEBERLANJUTANNYA”) (Siti Sarah, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy