//

ANALISIS PEMANFAATAN DANA BAITUL MAL ACEH DALAM PENGEMBANGAN EKONOMI MASYARAKAT DI PROVINSI ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Agya Dicky Oktriea - Personal Name
SubjectECONOMIC DEVELOPMENT
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Ekonomi
Tahun Terbit 2013

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Katakunci: Zakat, mustahiq, Baitul Mal Zakat merupakan salah satu sendi pokok ajaran Islam. Baitul Mal merupakan lembaga yang mengatur perbendaharaan negara yang menyimpan semua harta kekayaan negara yang menyangkut negara Islam, termasuk juga zakat. Di Aceh, pengelolaan zakat oleh Baitul Mal Aceh diatur oleh Undang-undang No. 23 Tahun 2011 tentang pengelolaan dana zakat. Tujuan penyaluran dana Baitul Mal adalah untuk meningkatkan perekonomian masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pemanfaatan dana Baitul Mal Aceh dalam pengembangan ekonomi masyarakat di Provinsi Aceh. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Analisis data dilakukan dengan beberapa tahapan diantaranya: reduksi data, kategorisasi, sintesisasi dan analisis data akhir. Hasil penelitian ini didapatkan bahwa dana yang masuk ke Baitul Mal tidak mampu untuk mencukupi untuk pengembangan ekonomi masyarakat di Provinsi Aceh. Selain itu, dana yang masuk ke Baitul Mal merupakan Pendapatan Hasil Daerah (PAD) sehingga seluruh dana tersebut harus disetor ke Kas Daerah (KASDA) yang mengakibatkan dana yang diperoleh mustahiq sanat sedikit. Dari hasil wawancara didapatkan terdapat banyak kendala dalam penyaluran zakat konsumtif dan zakat produktif. Dari berbagai hasil tersebut dapat disimpulkan pemanfaatan dana Baitul Mal Aceh belum maksimal dalam pengembangan ekonomi masyarakat di Provinsi Aceh karena banyak mustahiq yang menunggak pembayaran modal usaha yang telah disalurkan.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENDISTRIBUSIAN DAN PEMANFAATAN DANA BAITUL MAL DALAM PENGEMBANGAN EKONOMI MASYARAKAT DI KECAMATAN ATU LINTANG DAN JAGONG JEGET KABUPATEN ACEH TENGAH (NURIFFASARI, 2016)

ANALISIS EFISIENSI PENGELOLAAN DANA ZAKAT PADA BAITUL MAL PROVINSI ACEH (Eka Afrida, 2017)

ANALISIS PENGARUH PAD, DAK, DAN DAU TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI DI PROVINSI ACEH (Kartika Jannah, 2018)

PEMANFAATAN DANA DESA DALAM PENGEMBANGAN BUMG DI KECAMATAN SAWANG KABUPATEN ACEH SELATAN (Herlisma, 2018)

PENGARUH PENDAPATAN ASLI DAERAH, DANA ALOKASI UMUM DAN DANA BAGI HASIL TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI DI PROVINSI ACEH (Rahmah AR, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy