//

PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN SOFTWARE GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DAN MOTIVASI SISWA SMA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang YUVERNI SELVY - Personal Name
SubjectMATHEMATICS
TEACHING METHODS
MOTIVATION - EDUCATIONAL PSYCHOLOGY
Bahasa Indonesia
Fakultas Program Studi Magister Pendidikan Matematika Universitas Syiah Kuala
Tahun Terbit 2018

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Yuverni Selvy (2018). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Software Geogebra untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dan Motivasi Siswa SMA. Sebagian besar guru dalam menyusun butir soal cenderung hanya mengukur kemampuan berpikir tingkat rendah sehingga proses-proses pemikiran tingkat tinggi termasuk berpikir kreatif jarang dilakukan. Tatanan pemikiran yang lebih tinggi dapat memberikan motivasi siswa mengembangkan kreativitas, melalui kreativitas siswa di ajak untuk berpikir kreatif. Rendahnya kemampuan berpikir kreatif siswa dikarenakan lemahnya kemampuan berpikir siswa dalam menyelesaikan masalah sehingga diperlukan model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis dan motivasi siswa yaitu model Problem Based Learning (PBL) berbantuan software geogebra. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis dan motivasi siswa dengan model PBL berbantuan software geogebra. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan pendekatan kuantitatif dan desain berbentuk randomized pretest-postest control group. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Lhokseumawe dan yang menjadi sampel penelitian adalah kelas XI MIA3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIA2 sebagai kelas kontrol. Analisa data pada penelitian ini menggunakan anava dengan taraf signifikan 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis dan motivasi siswa yang memperoleh pembelajaran dengan model PBL berbantuan software geogebra lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran model PBL tanpa bantuan software geogebra. Selanjutnya tidak terdapat interaksi antara pembelajaran dengan model PBL berbantuan software geogebra dan level siswa (tinggi, sedang, rendah) terhadap peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa serta tidak terdapat interaksi antara pembelajaran dengan model PBL berbantuan software geogebra dan level siswa (tinggi, sedang, rendah) terhadap peningkatan motivasi siswa. Kata Kunci : Model Problem Based Learning (PBL), Software geogebra, Kemampuan berpikir kreatif matematis, Motivasi siswa.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DAN MOTIVASI SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN PROBLEM SOLVING (Zulfiati, 2016)

PENERAPAN PENDEKATAN SCIENTIFIC BERBANTUAN SOFTWARE GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA SMA (Fajriati, 2017)

PENGEMBANGAN MODUL PERSAMAAN GARIS SINGGUNG KURVA BERBANTUAN SOFTWARE GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS PESERTA DIDIK (NURJANNAH, 2018)

KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN KECEMASAN MATEMATIS SISWA SMP MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BRAIN BASED LEARNING (CUT ARDHILLA PUTRI, 2018)

PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS DAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MACROMEDIA FLASH 8 (Ulfanuriza, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy