Search :

Advance


ANALISIS WAKTU PEMBANGUNAN RUMAH TIPE 36 MENGGUNAKAN METODE CRITICAL PATH METHOD (CPM) BERDASARKAN PENGALAMAN TINGKATAN MANAJEMEN MENENGAH

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Teuku Reggi Fahran - Personal Name
Subyek ESTIMATES - BUILDING CONSTRUCTION
Bahasa Indonesia
Fakultas teknik
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

Waktu merupakan faktor yang sangat menentukan dalam pelaksanaan konstruksi. Perencanaan waktu yang tidak matang akan mengakibatkan keterlambatan, menurunnya kualitas, dan meningkatnya biaya pelaksanaan. Untuk dapat menentukan waktu penyelesaian proyek yang diharapkan maka perlu dibuat suatu perencanaan terhadap waktu pelaksanaan proyek. CPM adalah metode penjadwalan yang mempunyai lintasan kritis sehingga sangat baik digunakan apabila perencana ingin meng up-date jadwal proyek. Permasalahan yang dibahas pada penelitian ini adalah perkiraan durasi aktual yang digunakan dalam menyelesaikan proyek konstruksi tersebut serta urutan pekerjaan yang sering dilakukan berdasarkan pengalaman para Site Manager yang telah berpengalaman dalam pekerjaan konstruksi gedung. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan durasi pelaksanaan proyek dengan menggunakan metode CPM berdasarkan data-data yang didapat dari pengalaman responden. Dalam penelitian ini responden yang dipilih adalah Site Manager berjumlah 30 orang dengan pengalaman mengerjakan proyek gedung dan pernah bekerja di Kota Banda Aceh. Hasil yang diperoleh pada penelitian berdasarkan data durasi tiap-tiap pekerjaan yang didapat dari hasil kuisioner dan kemudian diolah dengan menggunakan metode CPM, didapatkanlah umur proyek rumah tipe 36 adalah selama 55 hari serta komposisi rata-rata pekerja yang dipakai adalah 2 orang tukang dan 2 orang pekerja. Setelah mengetahui umur proyek tersebut, maka pihak pelaksana dapat dapat mempergunakannya sebagai data yang dapat dipertimbangkan oleh praktisi konstruksi dalam merencanakan durasi pelaksanaan konstruksi pada tahap penawaran dan pelaksanaan.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

OPTIMASI PROYEK DENGAN CRITICAL PATH METHOD (CPM)(STUDI KASUS PEMBANGUNAN RUMAH SEHAT SEDERHANA GP. ULEE TUTUE AREE, KEC. DELIMA, KAB. PIDIE ) (Minsyahril Muntasin, 2017)

ANALISIS WAKTU PEMBANGUNAN GEDUNG BERLANTAI I MENGGUNAKAN METODE CRITICAL PATH METHOD (CPM) (Hamam Akhlis, 2015)

OPTIMALISASI PELAKSANAAN PROYEK DENGAN METODE PERT DAN CPM (STUDI KASUS PROYEK PEMBANGUNAN EMBUNG PAYA PIE, TRIENGGADENG, PIDIE JAYA) (Muhammad Amin Qamal, 2014)

KAJIAN UPAH TENAGA KERJA BERDASARKAN PENGALAMAN KEPALA TUKANG PADA PEMBANGUNAN RUMAH TINGGAL DI KOTA BANDA ACEH (Mailiza Yuliana, 2016)

ANALISA WAKTU PEMBANGUNAN GEDUNG KULIAH BARU FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS SYIAH KUALA BANDA ACEH TAHAP III DENGAN MENGGUNAKAN CRITICAL PATH METHOD (CPM) (Shyntia Cikita Makhfirah, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.