//

PEMODELAN DATA JEMAAH HAJI PROVINSI ACEH DENGAN PENDEKATAN DISTRIBUSI GAMMA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Wardaturriqa - Personal Name
SubjectLINEAR EQUATIONS
MATHEMATICAL MODELS
REGRESSION ANALYSIS
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2018

Abstrak/Catatan

Suatu metode analisis hubungan untuk variabel respon yang tidak berditribusi normal adalah dengan menggunakan metode Generalized Linear Model (GLM). Variabel respon diasumsikan berditribusi dari keluarga eksponensial, seperti distribusi gamma. Variabel respon pada penelitian ini adalah data jumlah jemaah haji di Provinsi Aceh dengan 22 variabel penjelas diantaranya meliputi agama, ekonomi, kependudukan, dan pendidikan. Penelitian ini betujuan untuk mendapatkan nilai korelasi antara variabel respon dengan variabel penjelasnya dan untuk mendapatkan GLM jumlah jemaah haji di Provinsi Aceh dengan pendekatan distribusi gamma. Pemodelan dengan pendekatan distribusi gamma dan fungsi hubung identity ini dilakukan dengan menggunakan semua variabel dan dengan variabel berkorelasi kuat terhadap variabel respon, sehingga hasil yang lebih baik diantara keduanya adalah model dengan semua variabel, hal ini dibuktikan dengan nilai AIC (Akaike Information Criterion) yang terkecil diperoleh 699,3 dan memiliki nilai ŷ yang mendekati nilai Y. Hasil hipotesis menunjukkan bahwa jumlah jemaah haji, ongkos naik haji, persentase penduduk Islam, jumlah ustad, jumlah pengangguran, persentase pengeluaran untuk makanan penduduk tidak miskin, dan persentase pengeluaran untuk makanan penduduk miskin signifikan terhadap jumlah jemaah haji di Provinsi Aceh. Kata Kunci : Generalized Linear Model, Distribusi gamma, Jemaah haji

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS PERTUMBUHAN EKONOM, PENGANGGURAN DAN KEMISKINAN DI PROVINSI ACEH (STUDI KASUS KABUPATEN ACEH BESAR DAN PIDIE) (Rita Zahara, 2013)

PERANCANGAN ASRAMA HAJI EMBARKASI ACEH DI BANDA ACEH (Aulia Iwana Safhadi, 2017)

DESAIN HOTEL HAJI DAN RENOVASI LANSKAP ASRAMA HAJI DI BANDA ACEH (Novita Sari, 2016)

PENERAPAN GENERALIZED POISSON REGRESSION (GPR) DALAM MEMODELKAN ANGKA PENDERITA GIZI BURUK DI PROVINSI ACEH (USWATUL HASANAH, 2014)

STUDI MODEL PERMINTAAN PERJALANAN PENUMPANG KAPAL DARI/KE SABANG (Lela Kesuma, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy