//

PEMBUATAN KOMPOSIT PUPUK UREA-MAGNESIUM SLOW RELEASE ABU SEKAM PADI-LATEKS TERSALUT KITOSAN

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Rauzaton Wardani - Personal Name
SubjectNITROGEN FERTILIZERS
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2018

Abstrak/Catatan

Penelitian tentang pembuatan komposit pupuk urea-magnesium slow release berbahan dasar matrik abu sekam padi dengan perekat getah karet (Hevea bracileansis) disalut kitosan telah dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan komposisi optimum dari bahan-bahan penyusun komposit, mengetahui pengaruh penambahan magnesium dan penyalutan kitosan terhadap ketahanan komposit serta menguji laju pelepasan urea, amonia dan nitrat dalam air. Komposisi optimum penyusun komposit terdiri dari 15 mL lateks, 45 mL air, 60 gram abu sekam padi, 20,8 gram urea dan 9,6 gram magnesium sulfat. Komposit dibuat dengan mencampurkan semua komposisi hingga homogen dan dimasukkan ke dalam alat cetakan khusus, selanjutnya ditekan dengan beban pemberat 5 kg. Pengujian yang dilakukan meliputi uji kestabilan dalam air, uji ketahanan terhadap benturan, uji kadar air, uji penyerapan air, uji kelarutan urea, amonia dan nitrat dalam air serta uji masa kadaluarsa. Laju pelepasan urea dan amonia dalam air dilakukan secara spektrofotometri pada panjang gelombang maksimum 420 nm dan 640 nm, sedangkan laju pelepasan nitrat dalam air dilakukan secara kolorimetri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komposit pupuk urea-magnesium slow release yang disalut kitosan memiliki tingkat kestabilan yang baik selama 20 hari masa perendaman di dalam air. Penggunaan kitosan sebagai bahan penyalut komposit mampu melindungi komposit dari mikroorganisme bakteri dan jamur yang dapat menurunkan kualitas komposit. Kitosan juga mampu menghambat mobilitas urea yang lepas dari komposit. Selain itu, penambahan magnesium sulfat di dalam komposit disalut kitosan mampu mengontrol laju pelepasan amonia dan nitrat di dalam air. Sehingga dapat disimpulkan bahwa komposit pupuk urea dengan penambahan magnesium yang disalut kitosan dapat mengontrol laju pelepasan nutrisi (urea, amonia dan nitrat) komposit sedikit demi sedikit, sehingga komposit pupuk ini dapat dijadikan sebagai alternatif pupuk lepas-lambat (slow release fertilizer).

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PEMBUATAN PUPUK SLOW RELEASE MENGANDUNG ION MAGNESIUM MENGGUNAKAN MATRIKS ABU SEKAM PADI DENGAN PEREKAT GETAH KARET (HAVEA BRASILIENSIS) (Rosi Hasriyanti, 2018)

PEMBUATAN PUPUK UREA SLOW RELEASE DENGAN MENGGUNAKAN MATRIK ABU SEKAM PADI DENGAN PEREKAT GETAH KARET (HAVEA BRACILEANSIS) (Haris Munandar, 2017)

PEMBUATAN PUPUK SLOW RELEASE (MG(NO3)2.6H2O DENGAN MATRIKS ABU SEKAM PADI + SAGU + KITOSAN) DAN PENGARUHNYA TERHADAP PERTUMBUHAN SELEDRI (APIUM GRAVEOLENS) (Syahlidayani, 2017)

PEMBUATAN PUPUK UREA-MAGNESIUM SLOW RELEASE DARI KOMPOSIT ABU SEKAM PADI-LATEKS-KITOSAN DAN UJI EFEKTIVITAS PADA TANAMAN PADI (ORYZA SATIVA L.) (Fera Muzdalifah, 2018)

PERBANDINGAN KETERSEDIAAN NITROGEN PADA MEDIA TANAM SIMULASI DARI PUPUK UREA BERBENTUK PRILL, TABLET, DAN UREA SLOW RELEASE (Alfaruq Chandra Kusuma, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy