//

HUBUNGAN TINGKAT POLA MAKAN IBU MENYUSUI DENGAN STATUS GIZI BAYI USIA 0-6 BULAN YANG DIBERIKAN ASI EKSKLUSIF DI GAMPONG LAMBARO SKEP KECAMATAN KUTA ALAM KOTA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Mira Ulfa - Personal Name
SubjectBREAST FEEDING
INFANT NUTRITION
DIET
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2013

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata kunci: Pola makan, ASI eksklusif, status gizi Penelitian yang berjudul “Hubungan Tingkat Pola Makan Ibu Menyusui dengan Status Gizi Bayi Usia 0-6 Bulan yang Diberikan ASI Eksklusif di Gampong Lambaro Skep Kecamatan Kuta Alam Kota Banda Aceh” telah dilaksanakan pada Bulan Mei 2013. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan tingkat pola makan ibu menyusui dengan status gizi bayi usia 0-6 bulan yang diberikan ASI eksklusif di Gampong Lambaro Skep Kecamatan Kuta Alam Kota Banda Aceh. Jenis penelitian adalah penelitian survey yang bersifat deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah semua ibu menyusui yang memberikan ASI eksklusif di gampong Lambaro Skep yang berjumlah 32 orang. Semua populasi dijadikan sampel. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner dan wawancara. Data status gizi dianalisis dengan menggunakan Z–Skor, untuk menentukan tingkat korelasi digunakan rumus korelasi product moment dan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara kedua variabel data dianalisis dengan menggunakan uji-t. Hasil penelitian hubungan tingkat pola makan ibu menyusui dengan status gizi bayi berdasarkan indeks BB/U, 31 bayi (96,875%) berstatus gizi baik dan 1 bayi (3,125%) berstatus gizi lebih, indeks PB/U, 31 bayi (96,875%) berstatus gizi normal dan 1 bayi (3,125%) berstatus gizi pendek, indeks BB/PB, 23 bayi (71,875%) berstatus gizi normal dan 9 bayi (28,125) berstatus gizi gemuk. Pada uji – t dengan taraf signifikan α = 0,05, hubungan tingkat pola makan ibu dengan status gizi bayi berdasarkan indeks BB/U adalah t hitung 2,047 ˃ t tabel 2,042, indeks PB/U adalah t hitung -3,6 < t tabel 2,042 dan indeks BB/PB adalah t hitung 3,89 ˃ t tabel 2,042. Dari ketiga indeks tersebut, hipotesis yang diterima yaitu BB/U dan BB/PB sedangkan hipotesis PB/U di tolak.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN ANTARA KONSUMSI PROTEIN HEWANI DENGAN STATUS GIZI PADA ANAK BALITA DI GAMPONG LAMBARO SKEP KECAMATAN KUTA ALAM KOTA BANDA ACEH (RIZKI AKMALIDA, 2015)

PERBANDINGAN STATUS GIZI BAYI USIA 6-12 BULAN YANG MENDAPAT ASI EKSKLUSIF DAN ASI NON EKSKLUSIF DI PUSKESMAS DARUSSALAM ACEH BESAR (Bemi Oksi Putri, 2014)

HUBUNGAN PEMBERIAN MAKANAN PENDAMPING ASI DENGAN STATUS GIZI BAYI USIA 7 – 12 BULAN DI POSYANDU PUSKESMAS SINGKILRNKABUPATEN ACEH SINGKIL (Anna Mirah Putri, 2015)

HUBUNGAN PEMBERIAN MAKANAN PENDAMPING ASI DENGAN STATUS GIZI BAYI USIA 7 –12 BULAN DI GAMPONG TEUMPOK TEUNGOH KECAMATAN BANDA SAKTI KOTA LHOKSEUMAWE (Jauharah, 2015)

PENGARUH MENYUSUI NON-EKSKLUSIF TERHADAP INDEKS ANTROPOMETRI BAYI SECTIO CAESAREA USIA 0-24 BULAN DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS KOPELMA DARUSSALAM BANDA ACEH (AULIA MUJIZATUN F, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy