//

KAJIAN PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA SEBELUM MENJADI ASISTEN PRAKTIKUM DAN SESUDAHNYA PADA LABORATORIUM FISIKA DASAR FKIP UNIVERSITAS SYIAH KUALA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang APRILIA RIZQINA NURAMALINA - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Nuramalina, Aprilia Rizqina. Kajian Prestasi Akademik Mahasiswa Sebelum Menjadi Asisten Praktikum dan Sesudahnya pada Laboratorium Fisika Dasar FKIP Universitas Syiah Kuala. Skripsi, Jurusan Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Drs. Ahmad Farhan, M.Si. (2) Dr. Mustafa, M.Pd. Kata kunci: prestasi akademik, IPK, asisten praktikum Sejumlah mahasiswa Pendidikan Fisika FKIP Universitas Syiah Kuala mengisi waktu di luar jam kuliah dengan menjadi asisten praktikum di Laboratorium Fisika Dasar FKIP Universitas Syiah Kuala. Asisten praktikum terpilih merupakan mahasiswa hasil seleksi dengan kemampuan akademik dan IPK tinggi. Bertugas sebagai asisten praktikum dapat menambah wawasan dan pengalaman mahasiswa dalam bidang ilmunya. Di sisi lain, waktu luang mahasiswa terpakai untuk tugas di laboratorium dan tanggung jawab administratif lainnya. Menurut sejumlah literatur, pemakaian waktu luang untuk bekerja dapat mempengaruhi prestasi akademik. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui pengaruh tugas tambahan mahasiswa Jurusan Pendidikan Fisika FKIP Universitas Syiah Kuala sebagai asisten praktikum di Laboratorium Fisika terhadap prestasi akademiknya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian ini berupa penelitian deskriptif.Dua puluh lima mahasiswa yang bertugas sebagai asisten praktikum Laboratorium Fisika Dasar FKIP Universitas Syiah Kuala menjadi subjek kajian. Pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi dan wawancara. Analisis data dalam penelitian ini menggunakananalisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa menjadi asisten praktikum berpengaruh terhadap prestasi akademik mahasiswa. Prestasi akademik mahasiswa sesudah menjadi asisten praktikum mengalami penurunan dibandingkan dengan sebelum menjadi asisten praktikum. Hal ini dibuktikan dengan data yang diperoleh, yaitu 72% mahasiswa mengalami penurunan IPK dan 28% mahasiswa mengalami peningkatan IPK. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah prestasi akademik mahasiswa mengalami penurunan sesudah bertugas sebagai asisten praktikum.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH PEMBERIAN BEASISWA TERHADAP PENINGKATAN PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN FISIKA FKIP UNIVERSITAS SYIAH KUALA (NOZA MARDWINA, 2014)

PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA MAHASISWA (LKM) PRAKTIKUM KIMIA DASAR II BERBASIS INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI KOROSI (ZULFA YULIA, 2017)

PERSEPSI MAHASISWA DAN ASISTEN TERHADAP PELAKSANAAN PRAKTIKUM ANATOMI BLOK KARDIOVASKULAR PRODI PENDIDIKAN DOKTER ANGKATAN 2011 FAKULTAS KEDOKTERAN UNSYIAH (USWAH, 2016)

VISUALISASI PERATURAN KESELAMATAN KERJA DI LABORATORIUM KIMIA FKIP SEBAGAI MEDIA PERKULIAHAN PRAKTIUKUM KIMIA DASAR (Nurainun Adamy, 2018)

PENGARUH PEMANFAATAN BEASISWABIDIK MISI TERHADAP PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN EKONOMI FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA (Ayu Ajrina, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy