//

HUBUNGAN KEBIJAKAN MONETER MELALUI JALUR NILAI TUKAR TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Imam Syuhada - Personal Name
SubjectFISCAL POLICY
MONETARY POLICY - ECONOMICS
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS EKONOMI BISNIS UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2018

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Judul : Hubungan Kebijakan Moneter Melalui Jalur Nilai Tukar Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Nama : Imam Syuhada NIM : 1101101010076 Fakultas/ Jurusan : Ekonomi dan Bisnis/ Ekonomi Pembangunan Konsentrasi : Ekonomi Moneter Pembimbing : Zulkifli, S.E., M.Si. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana hubungan kebijakan moneter melalui jalur nilai tukar mempengaruhi petumbuhan ekonomi Indonesia ketika terjadi fluktuasi nilai tukar. Data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari Bank Indonesia (BI) dan Badan Pusat Statistik (BPS) pada periode Q1 1997 sampai Q4 2014. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah Vector Autoregression (VAR). Penelitian ini menggunakan uji Granger Causality dan menggunakan nilai probabilitas 5 persen hingga 10 persen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, variabel suku bunga BI rate memiliki hubungan kausalitas dengan nilai tukar, sedangkan variabel GDP terdapat hubungan satu arah antara variabel suku bunga BI rate dan nilai tukar, tetapi mempunyai hubungan kausalias dengan ekspor Uji Impulse Response Function (IRF) menunjukkan bahwa , variabel nilai tukar merespon positif terhadap shock variabel suku bunga BI rate dan sedangkan variabel GDP merespon positif shock variabel ekspor dalam jangka pendek selama periode penelitian. Untuk penelitian selanjutnya, disarankan bisa membandingkan penelitian sekarang ini dengan bebagai jalur kebijakan moneter lainnya seperti jalur suku bunga, jalur kredit dan jalur harga asset untuk melihat apakah ketiga jalur tersebut efektif dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi. Kata Kunci: Suku Bunga BI rate, Nilai Tukar, Ekspor, GDP, VAR

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS INTERAKSI KEBIJAKAN FISKAL DAN MONETER TERHADAP PEREKONOMIAN INDONESIA (Muhammad Akhyar, 2018)

MEKANISME TRANSMISI KEBIJAKAN MONETER MELALUI JALUR NILAI TUKAR TERHADAP VARIABEL MAKRO (FITRIYANI, 2013)

KAUSALITAS NILAI TUKAR DAN INFLASI DI INDONESIA (tajul ula, 2015)

ANALISIS EFEK KEBIJAKAN MONETER TERHADAP OUTPUT DI INDONESIA (CATONA MACHTRA, 2016)

PENGARUH SUKUK TERHADAP INFLASI DAN PERTUMBUHAN EKONOMI MELALUI MEKANISME TRANSMISI KEBIJAKAN MONETER DI INDONESIA (SURIANI, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy