//

KEPADATAN POPULASI DAN DISTRIBUSI KEPITING BULAN (MATUTA VICTOR) DI ZONA LITORAL PANTAI RITIENG KECAMATAN LEUPUNG KABUPATEN ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang MAISARAH - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Maisarah. 2018. Kepadatan Populasi dan Distribusi Kepiting Bulan (Matuta victor) di Zona Litoral Pantai Ritieng Kecamatan Leupung Kabupaten Aceh Besar. Skripsi. Jurusan Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Prof. Dr. M. Ali S., M,Si., (2) Mimie Saputri, S.Pd, M.EEL. Kata Kunci: Kepadatan Populasi, Distribusi, M. victor, Zona Litoral. Kepiting Bulan (Matuta victor) merupakan Arthropoda yang memiliki kemampuan mengubur diri di pasir, kepiting ini dapat dijadikan indikator dalam menentukan kondisi suatu perairan. M. vicor belum diketahui secara mendalam kepadatan populasi dan distribusinya sehingga dilakukan penelitian tentang kepadatan populasi dan distribusi Kepiting Bulan (M. victor) pada Zona Litoral Pantai Ritieng Kecamatan Leupung Kabupaten Aceh Besar. Penelitian ini telah dilakukan sejak bulan November sampai dengan bulan Desember 2017. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui kepadatan populasi dan pola distribusi M. victor. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Metode yang digunakan yaitu metode survey dengan teknik purposive sampling. Analisis data kepadatan populasi dengan menggunakan rumus Kepadatan dan distribusi dengan menggunakan rumus Indeks Morisita. Hasil penelitian diperoleh kepadatan populasi M. victor pada setiap pengamatan berkisar 2 ind/m2 sampai dengan 3 ind/m2. Indeks Morisita pola penyebaran berkisar 3,00- 3,07. Kondisi lingkungan abiotik terdiri dari suhu 26-29 oC, salinitas 23-34 ‰, dan pH air 6,7-6,9. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu kepadatan populasi M. victor adalah 2,33 ind/m2 dan pola penyebaran M. victor di Zona Litoral Pantai Ritieng Kecamatan Leupung Kabupaten Aceh Besar adalah mengelompok.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KEPADATAN POPULASI DAN KARAKTERISTIK HABITAT KECOA LAUT (LIGIA SP) DI ZONA LITORAL PANTAI RITIENG KECAMATAN LEUPUNG KABUPATEN ACEH BESAR. (Mhd. Abrar Tanjung, 2017)

KEPADATAN POPULASI DAN PREFERENSI HABITAT BABI LAUT BERTUDUNG (COLOBOCENTROTUS ATRATUS) DI PANTAI RIETING KECAMATAN LEUPUNG KABUPATEN ACEH BESAR (Luthfi Azmi, 2016)

KEPADATAN POPULASI DAN UKURAN LAYAK PANEN KEPITING BAKAU (SCYLLA SP) DI EKOSISTEM MANGROVE GAMPONG KILANGAN KABUPATEN ACEH SINGKIL (Sartiyana, 2018)

KEPADATAN POPULASI DAN POLA PENYEBARAN KERANG AIR TAWAR (ANODONTA WOODIANA) DI ZONA LITORAL DANAU LAUT TAWAR KAWASAN KECAMATAN LUT TAWAR KABUPATEN ACEH TENGAH (Rianita, 2017)

KARAKTERISTIK HABITAT DAN KEPADATAN MAKROBIOTA PADANG LAMUN ZONA LITORAL PANTAI PASIR PUTIH KECAMATAN MESJID RAYA KABUPATEN ACEH BESAR (Dewi Erianti, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy