//

INTERPRETASI STRUKTUR BAWAH PERMUKAAN DI SEKITAR TANGGUL SUNGAI KRUENG ACEH BERDASARKAN VARIASI NILAI RESISTIVITAS LITRIK

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Haris Saputra - Personal Name

Abstrak/Catatan

Penelitian ini dilakukan di sekitar tanggul sungai Krueng Aceh yang bertujuan untuk mengetahui karakteristik fisis bawah permukaan berdasarkan variasi resistivitas batuan dan menginterpretasikan data model struktur bawah pemukaan 2D resistivitas tersebut untuk memberikan informasi mengenai kondisi tanggul dikawasan ini. Pengumpulan data dilakukan menggunakan metode geolistrik resistivitas dengan konfigurasi Wenner-Schlumberger pada dua lintasan sepanjang 200 m dan spasi elektroda 5 m. Pengukuran dilakukan dengan instrumen Terameter ABEM SAS 4000, dan pengolahan data dilakukan dengan software Res2Dinv. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lapisan paling atas berupa pasir (sand) yang mengandung resapan air laut dengan nilai resistivitas < 2,50 Ωm disebut juga zona resistivitas rendah (low resistivity zone). Pada lapisan tengah terdapat pasir lempungan (sandy clay) yang memiliki resistivitas antara 3,00 – 30,00 Ωm, serta lapisan paling bawah memiliki resistivitas < 2,50 Ωm diduga terdapat lempung (clay) yang terintrusi air yang merupakan lapisan akuifer. Khusus pada jarak pengukuran 150 – 200 m di lintasan L2 terdapat zona timbunan (reclaim) memiliki resistivitas antara 5,00 –29,30 Ωm, yang merupakan bagian tanggul jalan zona perubahan elevasi. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa kondisi tanggul masih sangat baik untuk menahan terhadap terjadinya tanah longsor, erosi atau liquifaksi, karena adanya lapisan pasir lempungan (nilai resistivitas tinggi) yang masih dapat menahan rembesan air yang masuk baik dari arah tanggul maupun dari permukaan. Hal ini menunjukkan metode resistivitas sangat efektif digunakan untuk mengetahui kondisi tanggul. Kata Kunci : resistivitas, tanggul, struktur bawah permukaan

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

INTERPRETASI STRUKTUR BAWAH PERMUKAAN UNTUK MENGETAHUI ZONA KERUSAKAN JALAN DIKAWASAN ALUE NAGA, BANDA ACEH DENGAN METODE RESISTIVITAS (Rozia Navatin, 2018)

IDENTIFIKASI PATAHAN SUMATRA DENGAN MENGGUNAKAN DATA MAGNETOTELLURIK SEPANJANG KAWASAN PIDIE-MEULABOH (Uswatun Hasanah, 2018)

APLIKASI METODE GEOLISTRIK POLE-DIPOLE UNTUK KAWASAN PANAS BUMI IE SEU-UM ACEH BESAR (Syahrul Hidayat, 2014)

IDENTIFIKASI ZONA BIDANG GELINCIR RAWAN RNLONGSOR MENGGUNAKAN METODE RNGEOLISTRIK DI KAWASAN KRUENG RAYA-LAMPANAH, ACEH BESAR (Cut Rohaya, 2015)

ANALISA RESAPAN AIR DI BAWAH PERMUKAAN PONDASI TANGGUL MENGGUNAKAN METODE RESISTIVITAS 2D DI KRUENG ACEH (LAMNYONG), BANDA ACEH (Andri Abdilla, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy