//

ANALISA PEMETAAN JALUR EVAKUASI SEKOLAH-SEKOLAH YANG RAWAN TERHADAP BENCANA TSUNAMI DI KOTA BANDA ACEH MENGGUNAKAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Oriza Nuansa Putra - Personal Name

Abstrak/Catatan

Gempa dan tsunami yang terjadi pada Desember 2004 telah melanda beberapa negara. Di Indonesia, Kota Banda Aceh dan Kabupaten Aceh Besar merupakan daerah terparah yang terkena tsunami hingga menewaskan ratusan ribu jiwa. Tsunami merupakan gelombang laut yang terjadi akibat adanya gangguan secara tiba-tiba pada dasar laut. Hal tersebut disebabkan oleh gempa tektonik, letusan gunung api, atau longsoran yang terjadi di dasar laut. Banyaknya korban jiwa akibat dari bencana tsunami inilah yang menjadi alasan pembuatan peta jalur evakuasi sekolah-sekolah yang rawan terhadap bencana tsunami di Kota Banda Aceh menggunakan Sistem Informasi Geografis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui lokasi sekolah-sekolah yang berada pada zona tinggi bahaya tsunami, mengetahui jalan-jalan yang menjadi jalur evakuasi, dan mengetahui jalur evakuasi tercepat dan teraman dari setiap sekolah menuju escape building/Tempat Evakuasi Sementara (TES). Dalam pembuatan peta titik sekolah yang berada pada zona tinggi bahaya tsunami dilakukan proses selection. Lalu pada pemetaan jalur evakuasi dari setiap sekolah maka digunakan Network Analyst, metode yang digunakan adalah Closest Facility Analyst, yaitu metode yang dapat menentukan fasilitas yang lebih dekat dari suatu titik. Setelah dilakukan metode Closest Facility Analyst maka diketahui jalan-jalan yang menjadi jalur evakuasi dari setiap sekolah dengan cara menghindari jembatan menuju TES dengan waktu tercepat 2,4 menit dan waktu terlama 1,7 jam. Kata Kunci: Tsunami, Sistem Informasi Geografis, Network Analyst, Closest Facility

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISA DAN PEMETAAN JALUR EVAKUASI TSUNAMI DI KOTA BANDA ACEH BERBASIS SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS (M Ikhwan Maulana, 2015)

PERANCANGAN JALUR EVAKUASI BENCANA TSUNAMI MENGUNAKAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS (STUDI KASUS KECAMATAN PEUKAN BADA) ACEH BESAR (Rukkaan Sujjada, 2018)

PERENCANAAN JALUR EVAKUASI BENCANA TSUNAMI PADA DESA KEUDAH DAN DESA PEULANGGAHAN KECAMATAN KUTA RAJA KOTA BANDA ACEH (Riska Putri Khairunnisa, 2016)

PERENCANAAN JALUR EVAKUASI BENCANA TSUNAMI PADA DESA MERDUATI DAN DESA LAMPASEH KOTA KECAMATAN KUTARAJA KOTA BANDA ACEH (Rifha Fachriani, 2016)

PERENCANAAN JALUR EVAKUASI BENCANA TSUNAMI (STUDI KASUS : DESA DEAH GLUMPANG, DESA LAMBUNG, DAN DESA COT LAMKUWEH, KECAMATAN MEURAXA, KOTA BANDA ACEH) (Vimia Nabila Putri, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy