//

INTEGRITAS MEMBRAN PLASMA SPERMATOZOA SAPI ACEH PASCA PEMBEKUAN DALAM MEDIA SITRAT KUNING TELUR DENGAN WAKTU EKUILIBRASI YANG BERBEDA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Nikhofebri Hidayat - Personal Name

Abstrak/Catatan

INTEGRITAS MEMBRAN PLASMA SPERMATOZOA SAPI ACEH PASCA PEMBEKUAN DALAM MEDIA SITRAT KUNING TELUR DENGAN WAKTU EKUILIBRASI YANG BERBEDA ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh waktu ekuilibrasi terhadap integritas membran plasma spermatozoa sapi aceh pasca pembekuan dengan media sitrat kuning telur. Sampel yang digunakan adalah semen sapi segar yang dikoleksi menggunakan vagina buatan. Sampel semen dikoleksi dari 1 ekor sapi aceh jantan sehat berumur 3 tahun sebanyak satu kali dalam seminggu selama lima minggu. Semen yang berkualitas baik diencerkan dengan pengencer sitrat kuning telur. Selanjutnya dibagi menjadi 5 kelompok perlakuan dengan waktu ekuilibrasi yang berbeda-beda (K1); 2 jam (K2); 3 jam (K3); 4 jam (K4); 5 jam (K5); 6 jam dan masing-masing kelompok diulangi sebanyak 5 kali. Kemudian dilakukan pembekuan dengan medote vitrifikasi di atas uap nitrogen cair suhu sekitar (-110 ºC) selama 13 menit dan disimpan di dalam kontainer berisi nitrogen cair (-196ºC). Setelah penyimpanan selama 1 minggu, masing-masing semen beku dilakukan thawing dan selanjutnya dihitung persentase membran plasma utuh (MPU) setiap straw perlakuan. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analysis of variance (ANOVA) dan dilanjutkan dengan uji Duncan. Rata-rata MPU spermatozoa sapi aceh pada media sitrat kuning telur K1; K2; K3; K4 dan K5 adalah 34,52±4,59%; 52,06±5,86%; 57,24±5,07%; 48,22±3,70% dan 5,44±1,07%. Hasil penelitian menunjukkan waktu ekuilibrasi berpengaruh nyata (P

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KUALITAS SPERMATOZOA SAPI ACEH PASCA PEMBEKUAN DENGAN MENGGUNAKAN PENGENCER SITRAT KUNING TELUR ANGSA DENGAN KONSENTRASI YANG BERBEDA (Tri Putri Purnama Sari, 2017)

PENGARUH KONSENTRASI KUNING TELUR ANGSA DALAM MEDIUM SITRAT DAN LAMA WAKTU PENDINGINAN PADA SUHU 5 TERHADAP INTEGRITAS MEMBRAN PLASMA SPERMATOZOA SAPI ACEH (SAFIRA MUSTAQILLA, 2017)

INTEGRITAS MEMBRAN PLASMA UTUH SPERMATOZOA KAMBING RNPERANAKAN BOER SETELAH PENGENCERAN SITRAT KUNING TELUR RNDENGAN PENAMBAHAN SARI BUAH TOMAT (LYCOPERSICON RNESCULENTUM) DALAM PENYIMPANAN DINGIN 3-50C (Murniati, 2015)

MOTILITAS DAN VIABILITAS SPERMATOZOA SAPI ACEH SETELAH PEMBEKUAN MENGGUNAKAN PENGENCER SITRAT KUNING TELUR DENGAN PENAMBAHAN EKSTRAK KULIT BUAH NAGA MERAH (HYLOCEREUS POLYRHIZUS) (MELISA LOLA ANGGRAINI, 2018)

PENGARUH PEMBERIAN GLISEROL DALAM MEDIUM TRIS KUNING TELUR TERHADAP KUALITAS SPERMATOZOA SAPI ACEH SETELAH PEMBEKUAN (Silvia Rizki, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy