//

RESISTENSI ESCHERICHIA COLI YANG DIISOLASI DARI TELUR AYAM DI BEBERAPA WARUNG KOPI KAWASAN DARUSSALAM KECAMATAN SYIAH KUALA, BANDA ACEH TERHADAP ANTIBIOTIK

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang M. Arif Al Furqan - Personal Name

Abstrak/Catatan

RESISTENSI Escherichia coli YANG DIISOLASI DARI TELUR AYAM DI BEBERAPA WARUNG KOPI KAWASAN DARUSSALAM KECAMATAN SYIAH KUALA, BANDA ACEH TERHADAP ANTIBIOTIK ABSTRAK Penelitian ini bertujuan mengetahui resistensi beberapa jenis antibiotik terhadap Escherichia coli yang diisolasi dari telur ayam dari beberapa warung kopi kawasan Darussalam, Banda Aceh. Metode deteksi E.coli mengacu pada Bacteriological Analytic Manual (BAM) dan pengujian kepekaan E.coli terhadap antibiotik dilakukan dengan metode difusi cakram. Penelitian ini menggunakan 21 telur ayam yang dari tujuh warung kopi. Antibiotik yang digunakan yaitu ampisilin, gentamisin, streptomisin, siprofloksasin, eritromisin, sulfametoksasol dan tetrasiklin. Data dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan ampisilin, eritromisin dan sulfametoksasol yang resisten terhadap 12 koloni E.coli, tetrasiklin dan streptomisin resisten terhadap 11 koloni E.coli, dan gentamisin resisten terhadap 2 koloni E.coli. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan E. coli yang diisolasi dari telur ayam yang dijual di warung kopi kawasan Darussalam Kecamatan Syiah Kuala Banda Aceh menunjukkan tingkat resistensi yang sangat tinggi yaitu ampisilin 100%, eritromisin 100%, tetrasiklin 92%, streptomisin 92% dan sulfametoksasol 100%) dan tidak resisten terhadap antibiotik jenis siprofloksasin dan gentamisin.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

JUMLAH TOTAL BAKTERI PADA TELUR AYAM YANG DIJUAL DI WARUNG KOPI KAWASAN DARUSSALAM KECAMATAN SYIAH KUALA BANDA ACEH (Habibi Sahidan Poleh, 2018)

RESISTENSI ESCHERICHIA COLI TERHADAP ANTIBIOTIK DARI DAGING AYAM BROILER DI PASAR RUKOH (Akmal Mukti, 2017)

ISOLASI ESCHERICHIA COLI DAN SALMONELLA SP PADA TELUR AYAM KAMPUNG YANG GAGAL MENETAS DI LABORATORIUM LAPANGAN PETERNAKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA (LIA PERMATA SARI, 2017)

IDENTIFIKASI CEMARAN ESCHERICHIA COLI PADA TELUR AYAM RAS YANG DIJUAL DI SWALAYAN DAERAH DARUSSALAM KECAMATAN SYIAH KUALA KOTA BANDA ACEH (IZDAHARRA MUTIA ULFAH, 2017)

ISOLASI DAN IDENTIFIKASI ESCHERICHIA COLI PADA AYAM PANGGANG DI BEBERAPA RUMAH MAKAN DI KECAMATAN SYIAH KUALA KOTA BANDA ACEH (Nevi Frilly Ulfah, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy