//

PEMANFAATAN KULIT PISANG AYAM (MUSA PARASIDIACA.L) DALAM PEMBUATAN KERUPUK

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang RISA NOVIANA - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Risa Noviana, 2017. Pemanfaatan Kulit Pisang Ayam (Musa parasidiaca.l) Dalam Pembuatan Kerupuk. Skripsi, Program Studi Pendidikan Kesejahteraan Keluarga (Tata Boga), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Dra. Rahmi Kamal, M.Pd., (2) Dra. Indani, M.Si Kata Kunci: karakteristik organoleptik, daya terima, dan standarisasi resep Kulit pisang ayam merupakan sampah pisang goreng yang tidak dimanfaatkan, mempunyai nilai ekonomis yang tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) karakteristik organoleptik (warna aroma, kerenyahan, dan rasa) pada kerupuk kulit pisang ayam, (2) mengetahui daya terima konsumen terhadap kerupuk kulit pisang ayam, (3) menstandarisasikan resep kerupuk kulit pisang ayam. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah uji pengamatan (Sensory Evaluation ) yang dilakukan pada 5 orang narasumber dan uji penerimaan (Acceptability Test) yang diuji cobakan 30 orang panelis konsumen. Data dari uji pengamatan dianalisis dengan cara menentukan nilai rata-rata (mean) dari total yang diperoleh dari narasumber. Data dari uji penerimaan dianalisis dengan menggunakan analisis varian (anava) satu jalur pada kerupuk yang diperoleh dari narasumber dan panelis konsumen. Berdasarkan uji pengamatan oleh narasumber diketahui bahwa, kerupuk kulit pisang ayam yang disukai adalah pada perlakuan kedua (RN03) dari segi warna 23.4, aroma 23.6 dan rasa 23.8, tetapi dari segi kerenyahan narasumber lebih menyukai pada perlakuan pertama (RN05) dengan nilai rata-rata 23.8. Hasil analisis tentang penerimaan konsumen menunjukkan bahwa kerupuk kulit pisang ayam yang disukai adalah perlakuan pertama (RN05) memiliki nilai rata-rata pada warna 3.0, aroma 3.26, kerenyahan 4.06, dan rasa 3.3. Simpulan dari penelitian, kerupuk yang disukai narasumber adalah pada perlakuan kedua dari segi warna, aroma dan rasa. Tetapi dari segi kerenyahan narasumber menyukai pada perlakuan pertama. Sedangkan konsumen menyukai kerupuk kulit pisang ayam pada perlakuan pertama. Hipotesis diterima HI karena terdapat pengaruh karakteristik organoleptik dan daya terima konsumen terhadap kerupuk kulit pisang ayam. Kepada peneliti berikutnya untuk meneliti daya simpan kerupuk kulit pisang ayam dan uji kandungan gizi kerupuk kulit pisang ayam.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PRODUKSI ASAM SITRAT DARI ASPERGILLUS NIGER MENGGUNAKAN MEDIA KULIT PISANG (Aulia Maktsum, 2016)

PERBANDINGAN PERENDAMAN EKSTRAK KULIT PISANG RAJA (MUSA PARADISIACA VAR.RAJA) DAN EKSTRAK KULIT PISANG KEPOK (MUSA ACUMINATE) TERHADAP KARAKTERISTIK ORGANOLEPTIK DAN FISIK DAGING AYAM KAMPUNG (GALLUS DOMESTICUS) (Nurul Huda, 2016)

UJI AKTIVITAS ANTIFUNGAL EKSTRAK KULIT PISANG BARANGAN (MUSA PARADISIACA L.) TERHADAP CANDIDA ALBICANS (Kartika Sari, 2015)

PEMANFAATAN LIMBAH KULIT PISANG RAJA (MUSA PARADISIACA VAR. RAJA) SEBAGAI INHIBITOR ALAMI KOROSI PADA BESI OLEH AIR LAUT (Muhammad Abrar, 2017)

PEMBUATAN BIOETANOL DARI KULIT PISANG KEPOK DENGAN FERMENTASI MENGGUNAKAN SACCHAROMYCES CEREVISIAE (Nanda Syah Putra, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy