//

IMPLEMENTASI PROBLEM BASED LEARNING DALAM PROSES PEMBELAJARAN PADA SISWA DI SEKOLAH DASAR NEGERI 2 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Winda Handayani - Personal Name
SubjectTEACHING METHODS
Bahasa Indonesia
Fakultas JURUSAN PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Handayani,Winda. 2017.Implementasi Model Problem Based Learning dalam Proses Pembelajaran pada Siswa di Sekolah Dasar Negeri 02 Banda Aceh. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FakultasKeguruan dan Ilmu Pendidikan,Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Drs. Suid AB, S.Pd. M.Pd., (2)Drs. Bachtiar, M.Pd. Kata kunci: implementasi, problem based learning, pembelajaran. Dalam proses pembelajaran di sekolah, guru harus menerapkan model mengajar agar tujuan pembelajaran tercapai. Salah satu model yang digunakan guru dalam mengajar adalah problem based learning. Penelitian ini berupaya mengungkapkan bagaimana guru mengimplementasikan model problem based learning dalam proses pembelajaran pada siswa di SD Negeri 02 Banda Aceh.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui proses implementasi model problem based learning dalam proses pembelajaran pada siswa di SD Negeri 02 Banda Aceh. Pendekatan penelitian ini kualitatif jenis deskriptif. Subjek penelitian ini guru kelas I sampai VI SD Negeri 02 Banda Acehberjumlah 6 orang.Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan wawancara.Pengolahan data dilakukan dengan cara mendeskripsikan data. Berdasarkan hasil penelitian, implementasi problem based learning dalam proses pembelajaran pada kelas rendah yaitu kelas1 dan 3 guru belum mengimplementasikan seluruh aspekdikarenakan ada beberapa aspek yang belum cocok diberikan pada kelas rendah, salah satunya yaitu pada aspek memberikan tanggung jawab yang besar kepada peserta didik. Sedangkan pada kelas tinggi yaitu kelas 4 sampai kelas 6, guru sudah mengimplementasikan seluruh aspek model problem based learning dalam proses pembelajaran. Kesimpulannya adalah implementasi model problem based learning dalam proses pembelajaran pada siswa di SD Negeri 02 Banda Aceh belum dapat diterapkan untuk kelas rendah ini disebabkan guru belum dapat mengorganisasikan pelajaran di seputar masalah dan guru belum memberikan tanggung jawab yang besar kepada si swa. Sedangkan pada kelas tinggi sudah dapat diterapkan model problem based learning karena guru sudah dapat menerapkan seluruh aspek dalam model problem based learning kepada siswa. Disarankan guru hendaknya meningkatkan penerapan model problem based learning.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KETUNTASAN BELAJAR SISWA PADA MATERI PERISTIWA ALAM KELAS V SDN 56 BANDA ACEH (raudha hadi, 2015)

PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA DI SMP NEGERI 2 KUTA BARO (Vira Afrinanda, 2015)

HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA NEGERI 10 FAJAR HARAPAN MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASET LEARNING (PBL) PADA MATERI RELASI DAN FUNGSI TAHUN PELAJARAN 2016/2017 (Jumratul Aini, 2017)

METHODS APPLIED BY THE TEACHERS IN TEACHING SPEAKING FOR GRADE XII OF SENIOR HIGH SCHOOL STUDENTS (A QUALITATIVE STUDY AT SMAN 2 BANDA ACEH) (FRILLA GEUBRINA DJUFRI, 2014)

THE IMPLEMENTATION OF CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) IN TEACHING LISTENING SKILL TO SENIOR HIGH SCHOOOL STUDENTS (lia maisyarah, 2013)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy