//

PENERAPAN NILAI-NILAI KARAKTER MELALUI PENDIDIKAN DINIYAH DI SD NEGERI 46 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Syamsidar - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Syamsidar. 2017. Penerapan nilai-nilai karakter melalui pendidikan diniyah di SD Negeri 46 Banda Aceh Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Dra. Hasmiana Hasan, M.Si (2) Dra. Syarifah Habibah, M.Pd Kata Kunci : nilai-nilai karakter dan pendidikan diniyah Pendidikan karakter dianggap sebagai sebuah solusi untuk mengatasi permasalahan yang ada di sekolah, khususnya terhadap akhlak yang telah merosot dikalangan pelajar. Pendidikan diniyah merupakan salah satu program yang dapat menerapkan nilai-nilai karakter pada anak. Penelitian ini mengangkat masalah Apa saja nilai-nilai karakter yang diterapkan melalui pendidikan diniyah. Apa kendala guru dalam menerapkan nilai-nilai karakter melalui pendidikan diniyah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai karakter yang diterapkan melalui pendidikan diniyah. Untuk mengetahui kendala guru dalam menerapkan nilai-nilai karakter melalui pendidikan diniyah. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini berjumlah tiga guru Khusus diniyah di kelas IV, V dan VI. Instrumen yang digunakan adalah observasi dan wawancara. Pengumpulan data dilakukan menggunakan lembar observasi dengan sepuluh aspek yang diamati, dan wawancara dengan pertanyaan sebanyak sepuluh pertanyaan. Selanjutnya seluruh data diolah dengan tahapan analisis data kualitatif yaitu reduksi data, mendeskripsikan data, dan membuat kesimpulan. Dari hasil observasi peneliti diperoleh informasi bahwa guru khusus diniyah di kelas IV, V dan VI menerapkan sembilan aspek berdasarkan daftar observasi. Sedangkan pada aspek kesepuluh berhubungan dengan kendala yang dihadapi, jadi guru khusus diniyah di kelas IV dan VI tidak memiliki kendala yang dihadapi sedangkan guru khusus diniyah di kelas V ada kendala yang dihadapi. Dari hasil wawancara peneliti dengan guru khusus diniyah di kelas IV, V, dan VI dalam menerapkan nila-nilai karakter melalui pendidikan diniyah. Bahwa banyak manfaat yang siswa dapatkan dari adanya pendidikan diniyah dan dengan adanya pendidikan diniyah bisa membentuk karakter dan akhlak siswa yang lebih baik sehingga menjadi manusia yang bertaqwa dan beriman kepada Allah SWT. iv

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENERAPAN NILAI-NILAI KARAKTER KEPADA SISWA OLEH GURU SD NEGERI 37 KOTA BANDA ACEH (Rahmad Maulizar, 2015)

USAHA WALI KELAS DALAM MENERAPKAN NILAI KARAKTER SISWA SD NEGERI 31 BANDA ACEH (Nita Wiguna, 2017)

ANALISIS NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM HIKAYAT NUBUET (Vera Fitria, 2017)

ANALISIS NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM HIKAYAT BAYAN BUDIMAN (Asmaul Husna, 2014)

PERSEPSI GURU TERHADAP PELAKSANAAN PENDIDIKAN BERKARAKTER DI SMA NEGERI 1 TANAH LUAS KABUPATEN ACEH UTARA (Mariati, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy