//

Deskripsi Morfologi dan Pola Distribusi Spasial dari Filum Echinodermata di Pantai Lampuyang Kecamatan Pulo Aceh Kabupaten Aceh Besar

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Nurul Mawaddah - Personal Name
SubjectECHINODERMATA
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

Penelitian tentang “Deskripsi Morfologi dan Pola Distribusi Spasial dari Filum Echinodermata di Pantai Lampuyang Kecamatan Pulo Aceh Kabupaten Aceh Besar” telah dilaksanakan dari bulan Maret sampai September. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pola distribusi spasial Filum Echinodermata di Pantai Lampuyang Kecamatan Pulo Aceh Kabupaten Aceh Besar, (2) Untuk mendeskripsikan masing-masing spesies dari Echinodermata yang terdapat di perairan Pantai Lampuyang Kecamatan Pulo Aceh Kabupaten Aceh Besar, (3) Untuk mengetahui hubungan antara pola distribusi spasial spesies-spesies dari Filum Echinodermata dengan faktor lingkungan di Pantai Lampuyang Kecamatan Pulo Aceh Kabupaten Aceh Besar. Pengambilan data dilakukan pada tanggal tanggal 28 Mei 2013 sampai dengan 30 Mei 2013. Penelitian ini menggunakan metode survey yaitu mengamati secara langsung objek di habitat aslinya. Penentuan plot pengamatan dilakukan dengan menggunakan teknik random purposive sampling yaitu menetapkan plot dengan memperhatikan berbagai pertimbangan kondisi, keadaan tempat penelitian, keberadaan Echinodermata dan distribusi spasialnya yang meliputi substrat berupa batu, kapur, terumbu karang, dan pasir. Pada masing-masing lokasi penelitian diletakkan sebanyak 10 plot dengan ukuran setiap plot 1m x 1m. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah perolehan indeks distribusi Morisita (Id) sebesar 0,998, dengan indeks berkelompok (Mc) sebesar 1,04, indeks keseragaman (Mu) sebesar 0,974, dan indeks penyebaran Morista (Ip) sebesar -0,02. Kesimpulan yang diperoleh adalah pola distribusi spasial spesies dari Filum Echinodermata di Pantai Lampuyang Kecamatan Pulo Aceh Kabupaten Aceh Besar terjadi secara merata (uniform), setiap spesies yang didapat telah dideskripsikan, dan terdapat hubungan antara beberapa faktor lingkungan dengan pola distribusi spasial Filum Echnodermata.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

TINGKAT KESAMAAN FILUM ECHINODERMATA PADA TIGA STASIUN YANG BERBEDA DI PANTAI LHOK KRUET KECAMATAN PULO ACEH KABUPATEN ACEH BESAR (KIKI LESTARI, 2015)

DESKRIPSI HABITAT PANULIRUS (LOBSTER) DI KAWASAN PANTAI LAMPUYANG KECAMATAN PULO ACEH KABUPATEN ACEH BESAR (Rudi Hermi, 2014)

KEANEKARAGAMAN DAN POLA DISTRIBUSI BIVALVIA DIKAWASAN PESISIR LAMPUYANG KECAMATAN PULO ACEH KABUPATEN ACEH BESAR (Rika Ramadani, 2015)

DOMINANSI DAN DESKRIPSI SPESIES DARI FILUM ECHINODERMATA DI ZONA LITORAL PANTAI PASIR PUTIH KECAMATAN MESJID RAYA KABUPATEN ACEH BESAR (Nurhaliza, 2013)

KOMUNITAS BINTANG LAUT (FILUM ECHINODERMATA) DI PERAIRAN PANTAI SABANG (Jufri Liadi, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy