//

KEANEKARAGAMAN DAN KARAKTERISTIK HABITAT MAKROALGA DI PERARIRAN LHOKSEUDU KECAMATAN LEUPUNG

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang NAZIRA MAULIZA. AY - Personal Name
SubjectIRON
ALGAE
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2018

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Nazira Mauliza. Ay. 2017. Keanekaragaman dan Karakteristik Habitat Makroalga di Perairan Lhokseudu Kecamatan Leupung. Skripsi, Jurusan Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Prof. Dr. Djufri., M. Si., (2) Wardiah, S. Pd., M. Bio. Kata kunci: Keanekaragaman, makroalga, karakteristik substrat, Perairan Lhokseudu. Makroalga dapat ditemukan di Perairan Lhokseudu yang merupakan objek wisata di Kecamatan Leupung Kabupaten Aceh Besar. Aktivitas manusia diduga akan mempengaruhi biota laut salah satunya makroalga. Makroalga memiliki banyak manfaat yaitu sebagai produsen di perairan, sumber makanan dan bahan industri. Tujuan Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui spesies dan keanekaragaman makroalga dan karakteristik habitat makroalga yang terdapat di perairan Lhokseudu Kecamatan Leupung Kabupaten Aceh Besar. Pengambilan data dilakukan pada Bulan September sampai dengan Oktober 2017. Pendekatan penelitian adalah kuantitatif kualitatif dan jenis penelitian adalah deskriptif. Metode pengumpulan data adalah metode observasi dan survey, dengan teknik pengumpulan data purposive sampling yaitu, berdasarkan keberadaan makroalga. Hasil penelitian diperoleh spesies makroalga yang ditemukan ada 10 spesies makroalga yang tergolong dalam 7 familia dan 3 Class. Spesies alga tersebut yaitu yaitu Turbinaria ornata J., Eucheuma spinosum J., Cladephora sp, Eucheuma cottoni J., Sargassum sp, J., Padina boryana L., Thivy, Chatemorpha sp, Actinotrichia fragilis F., Caulerpa taxifolia M., dan Halimeda discoidea J.V. Indeks keanekaragaman (H’) makroalga di Perairan Lhokseudu kecamatan Leupung Kabupaten Aceh Besar yaitu 1,9061 (kategori sedang). Jenis habitat alga yaitu berpasir, berbatu, berkarang dan patahan kayu. Kesimpulan keanekaragaman makroalga di kawasan Perairan Lhokseudu adalah pada kategori sedang dengan Padina boryana L., Thivy, Actinotrichia fragilis F., dan Sargassum sp, J. sebagai alga yang mendominasi kawasan tersebut.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

STUDI KEANEKARAGAMAN MAKROALGA ZONA LITORAL PANTAI PASIR PUTIH KECAMATAN MESJID RAYA KABUPATEN ACEH BESAR (Safar Yanti, 2014)

KEANEKARAGAMAN DAN KARAKTERISTIK SARANG ALBUNEA DI KAWASAN PESISIR LEUPUNG KABUPATEN ACEH BESAR (Mujaddid, 2016)

POLA DISTRIBUSI DAN PEMETAAN ECHINOIDEA DI PERAIRAN LHOKSEUDU KECAMATAN LEUPUNG KABUPATEN ACEH BESAR (Dara Mauliana, 2017)

KEPADATAN POPULASI DAN KARAKTERISTIK HABITAT KECOA LAUT (LIGIA SP) DI ZONA LITORAL PANTAI RITIENG KECAMATAN LEUPUNG KABUPATEN ACEH BESAR. (Mhd. Abrar Tanjung, 2017)

KEPADATAN POPULASI DAN KARAKTERISTIK HABITAT THALASSINA SCORPIONIDES (RAMA-RAMA) DI EKOSISTEM MANGROVE SUNGAI REULEUNG KECAMATAN LEUPUNG KABUPATEN ACEH BESAR (ZULFIKAR, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy