//

ANALISIS NILAI KARAKTER DALAM CERITA ANAK KECIL-KECIL PUNYA KARYA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Fitri Wianti - Personal Name
SubjectCHARACTER
FOLKLORE - HISTORY AND CRITICISM
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Fitri wianti. 2017. “Analisis Nilai Karakter dalam Cerita Anak Kecil-Kecil Punya Karya”. Tesis, Program Studi Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Syiah Kuala. Pembimbing (1) Prof. Dr. Azman Ismail, M.A., Pembimbing (2) Dr. Mohd. Harun, M.Pd. Kata kunci: Nilai Karakter dan Cerita Anak Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan nilai karakter dan teknik penyampaian nilai karakter yang terdapat dalam cerita anak “Kecil-Kecil Punya Karya”. Sumber data dalam penelitian ini adalah kumpulan cerita anak “Kecil-Kecil Punya Karya” yang terdiri dari 10 judul buku diterbitkan oleh PT Mizan Pustaka. Data penelitian ini adalah nilai karakter dalam 10 cerita anak “Kecil-Kecil Punya Karya”. Pengumpulan data dalam penelitian ini dengan cara (1) membaca secara cermat dan teliti buku cerita anak; (2) memahami isi buku cerita anak; (3) mencatat dan menandai bagian-bagian yang berkaitan dengan kalimat yang mengandung nilai karakter dalam buku cerita anak. Data dianalisis dengan langkah (1) menyeleksi data; (2) menandai bagian-bagian yang berkaitan dengan kalimat yang terkandung dalam cerita anak sesuai dengan pengelompokkan data; (3) mendeskripsikan hasil analisis data sesuai dengan masalah penelitian dan membuat tabel-tabel pengolahan data yang bertujuan mempermudah dalam menganalisis data; (4) menyimpulkan hasil analisis nilai karakter yang terkandung dalam cerita anak. Hasil penelitian meliputi nilai; (1) religius yang berhubungan dengan (a) mengerjakan shalat, dan (b) rasa syukur; (2) jujur yang berhubungan dengan (a) diri sendiri, dan (b) jujur terhadap orang lain; (3) toleransi; (4) disiplin yang berhubungan dengan (a) disiplin dalam pekerjaan, dan (b) disiplin dalam perkataan dan perbuatan; (5) kerja keras; (6) kreatif; (7) mandiri; (8) demokratis; (9) rasa ingin tahu; (10) cinta tanah air; (11) menghargai prestasi; (12) bersahabat/komunikatif yang berhubungan dengan (a) bergaul, dan (b) berbicara; (13) cinta damai; (14) gemar membaca; (15) peduli lingkungan; (16) peduli sosial; dan (17) tanggung jawab. Hanya satu nilai karakter yang tidak ada dalam cerita anak Kecil-Kecil Punya Karya yaitu nilai karakter semangat kebangsaaan. Dalam kumpulan cerita anak “Kecil-Kecil Punya Karya” penyampaian nilai karakter disampaikan dengan menggunakan teknik analitis dan dramatik secara sempurna.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS NILAI KARAKTER DALAM KUMPULAN CERITA RAKYAT ACEH BERNUANSA DAMAI (Nurfitri SA, 2017)

PENGEMBANGAN NILAI KARAKTER ANAK MELALUI METODE BERCERITA DI TK ISLAM TERPADU AL-AZHAR BANDA ACEH (YUSRA, 2016)

ANALISIS NILAI PENDIDIKAN DALAM CERITA ANAK HARIAN KOMPAS (Susi Agusriyanti, 2014)

MENINGKATKAN NILAI KARAKTER ANAK USIA DINI MELALUI METODE BERCERITA ISLAMI DI TK PEMDA NEUSU JAYA BANDA ACEH (Roidah Pasaribu, 2018)

ANALISIS NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL 5 CM KARYA DONNY DHIRGANTORO (Eka Marshal, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy