//

MANAJEMEN GURU BIMBINGAN KONSELING DI SMA NEGERI 1 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang M. Ramzi - Personal Name
SubjectTEACHERS
SCHOOL MANAGEMENT
COUNSELING - EDUCATION
Bahasa Indonesia
Fakultas Program Studi Magister Administrasi Pendidikan Universitas Syiah Kuala
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

MANAJEMEN GURU BIMBINGAN KONSELING DI SMA NEGERI 1 BANDA ACEH Oleh : M. Ramzi Nim : 1409200050026 Komisi Pembimbing: 1. Prof. Dr. Murniati AR, M. Pd. 2. Dr. Bahrun, M. Pd. ABSTRAK Manajemen guru bimbingan dan konseling merupakan faktor penting dalam mewujudkan mutu pendidikan. Manajemen bimbingan dan konseling akan dapat memberikan layanan bimbingan yang efektif. Penelitian ini bertujuan untuk menilai program, pelaksanaan, evaluasi, dan hambatan guru bimbingan dan konseling di SMA Negeri 1 Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dokumentasi. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, guru bimbingan dan konseling, serta siswa. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Program guru bimbingan dan konseling yang dibuat berupa program tahunan,program semester, program bulanan, dan harian RPL telah tersusun dengan baik dan terkomentasi, 2) Pelaksanaan bimbingan telah dilaksanakan sesuai dengan kurikulum dan kasus-kasus yang dihadapi siswa, pelaksanaan program bimbingan dan konseling kegiataan nya mengarah pada bimbingan siswa, 3) Evaluasi yang dilaksanakan oleh guru bimbingan dan konseling disesuaikan dengan kasus yang diselesaikan, di antaranya pelanggaran di siplin seperti terlambat hadir ke sekolah, tidak menggunakan atribut sekolah yang lengkap, dan membawa HP ke sekolah. Evaluasi yang dilaksanakan oleh guru dan bimbingan konseling bersifat kualitatif sesuai dengan permasalahan yang di hadapi siswa, 4) Hambatan yang ditemui guru bimbingan dan konseling, antara lain kurangnya kerja sama dengan wali kelas, pembinaan OSIS dalam penyelesaian permasalahan siswa. Selain itu, kurang nya buku-buku yang terkait dengan permasalahan bimbingan dan konseling di perpustakaan sekolah. Kata Kunci : Manajemen, Guru Bimbingan dan Konseling.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

MANAJEMEN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM PELAKSANAAN LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING PADA MTSN RUKOH BANDA ACEH (Sri Mutia, 2014)

KARAKTERISTIK BAHASA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING PADA SMP KECAMATAN BANDAR BARU KABUPATEN PIDIE JAYA (Hayatun Rahmi, 2016)

KOMPETENSI PROFESIONAL GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM PENGELOLAAN PROGRAM LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING DI SMP NEGERI 17 KOTA BANDA ACEH (Khairiah, 2016)

MANAJEMEN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DI SMPN 1 BANDAR BARUKABUPATEN PIDIE JAYA (NUR ASIAH, 2016)

PELAKSANAAN LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING OLEH GURU KELAS DI SEKOLAH DASAR NEGERI 02 BANDA ACEH (ANDINI AMELIA MENTARI, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy