//

ANALISIS PENGARUH PENERAPAN KONSEP GREEN ROADS TERHADAP MANAJEMEN LIMBAH PADA PROYEK KONSTRUKSI JALAN DI KOTA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang FAJRI PUTRA UTAMA - Personal Name
SubjectROADS - ENGINEERING
WESTE MENEGEMENT
Bahasa Indonesia
Fakultas Program study Teknik Sipil Fakultas Teknik Unyiah
Tahun Terbit 2018

Abstrak/Catatan

ANALISIS PENGARUH PENERAPAN KONSEP GREEN ROADS TERHADAP MANAJEMEN LIMBAH PADA PROYEK KONSTRUKSI JALAN DI KOTA BANDA ACEH Oleh: Fajri Putra Utama NIM. 1509200060114 Komisi Pembimbing: 1. Dr. Ir. M. Isya, MT 2. Dr. Hafnidar A. Rani, ST, MM ABSTRAK Pertumbuhan panjang jalan yang terus mengalami peningkatan tentu akan berakibat pada berkurangnya ketersediaan sumber daya alam sebagai pembentuk struktur jalan. Dari permasalahan ini maka perlu dikembangkan proses konstruksi yang mampu mereduksi pemakaian sumber daya alam dan meminimalisir terjadinya limbah yang dihasilkan, melalui penerapan konsep green roads (jalan hijau). Green roads merupakan suatu gerakan berkelanjutan yang menargetkan terciptanya konstruksi dari tahap perencanaan, pelaksanaan, dan pemakaian produk konstruksi yang ramah lingkungan, efisien dalam pemakaian energi dan sumber daya, serta berbiaya rendah dan pencapaian kualitas konstruksi yang tepat. Peningkatan limbah pada proses konstruksi merupakan salah satu aspek yang harus diminimalisir agar tercapainya konsep green roads. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan dan pengaruh antara faktor-faktor penerapan konsep green roads terhadap manajemen limbah proyek konstruksi jalan, serta untuk mengetahui faktor dominan pada penerapan konsep green roads yang mempengaruhi manajemen limbah proyek konstruksi jalan di Kota Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan kuantitatif melalui penyebaran kuesioner, dimana respondennya ditujukan pada 90 perusahaan kontraktor bidang jalan. Perusahan kontraktor tersebut telah melaksanakan proyek mulai dari tahun 2010-2016, dengan sumber dana yang berasal dari APBA. Variabel bebas yang ditinjau adalah faktor-faktor penerapan konsep green roads yang terdiri dari faktor sosial, ekonomi dan lingkungan, sedangkan varibel terikatnya adalah manajemen limbah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor sosial, ekonomi dan lingkungan semuanya mempunyai hubungan yang sangat tinggi terhadap manajemen limbah proyek konstruksi jalan di Kota Banda Aceh secara parsial. Faktor-faktor penerapan konsep green roads semuanya berpengaruh signifikan terhadap manajemen limbah proyek konstruksi jalan di Kota Banda Aceh sebesar 88,7%. Faktor dominan pada penerapan konsep green roads yang mempengaruhi manajemen limbah proyek konstruksi jalan di Kota Banda Aceh, adalah faktor ekonomi. Hal ini menunjukkan bahwa bila faktor ekonomi ditingkatkan oleh kontraktor, maka manajemen limbah akan semakin meingkat. Kata Kunci: Green roads, berkelanjutan, manajemen limbah, jalan

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

TINGKAT PEMAHAMAN DALAM PENERAPAN KONSEP KONSTRUKSI HIJAU (GREEN CONSTRUCTION) OLEH KONTRAKTOR PADA PELAKSANAAN KONSTRUKSI DI KOTA BANDA ACEH (Irham Teguh, 2015)

KAJIAN KINERJA MANAJEMEN PROYEK KONSTRUKSI GEDUNG DAN RUMAH DI KOTA BANDA ACEH (ANDIEQA BILLYSYAH, 2014)

FAKTOR-FAKTOR KETERLAMBATAN PADA PROYEK KONSTRUKSI JALAN DAN JEMBATAN DI PROVINSI ACEH (Nurul Husna, 2019)

ANALISIS PENGARUH FAKTOR-FAKTOR KRITIKAL TOTAL QUALITY MANAGEMENT TERHADAP KESUKSESAN PROYEK KONSTRUKSI DI PROVINSI ACEH (Hendra Amanda, 2015)

STUDI KOMPARASI PELAKSANAAN PROYEK KONSTRUKSI BENCANA ALAM DAN NON BENCANA ALAM PADA DINAS PENGAIRAN ACEH (Gustin Yulian Nova, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy