//

DAYA HAMBAT EKSTRAK ETANOL DAUN BINAHONG (ANREDERA CORDIFOLIA (TEN.) STEENIS) TERHADAP BAKTERI STAPHYLOCOCCUS AUREUS

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang MIZLA MAULIA N LUBIS - Personal Name
SubjectPLANTS - AGRICULTURE
BACTERIA
Bahasa Indonesia

Abstrak/Catatan

DAYA HAMBAT EKSTRAK ETANOL DAUN BINAHONG (Anredera cordifolia (Ten.) Steenis) TERHADAP BAKTERI Staphylococcus aureus ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui daya hambat ekstrak etanol daun binahong terhadap pertumbuhan bakteri Staphylococcus aureus. Bakteri yang digunakan didapat dari laboratorium Mikrobiologi Fakultas Kedokteran Hewan Unsyiah, pada isolat luka bakteri beruang madu (Helarctos malayanus). Penelitian ini dilakukan pada bakteri yang telah di re-identifikasi sebelum diberi perlakuan dan menggunakan ekstrak etanol daun binahong dengan konsentrasi pengenceran 20%, 40%, 60% dan 80% dengan menggunakan metode disc diffusion (Kirby-Bauer). Data hasil penelitian ini dianalisis secara deskriptif dengan membandingkan zona hambat antar perlakuan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa ekstrak daun binahong mampu menghambat pertumbuhan bakteri Staphylococcus aureus dengan diameter rata-rata zona hambat pada kosentrasi 20% adalah 6,8 mm, 40% adalah 7,4 mm, 60% adalah 8,2 mm, dan 80% adalah 8,1 mm. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ekstrak etanol daun binahong memiliki daya hambat terhadap bakteri Staphylococcus aureus dengan kategori sedang.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

UJI AKTIVITAS EKSTRAK DAUN BINAHONG (ANREDERA CORDIFOLIA (TEN) STEENIS) TERHADAP PENURUNAN KADAR KOLESTEROL TOTAL PADA TIKUS PUTIH (RATTUS NORVEGICUS) (Fanny Eprilia Tika, 2015)

UJI TOKSISITAS AKUT EKSTRAK ETANOL DAUN BINAHONG ( ANREDERA CORDIFOLIA (TEN.) STEENIS ) PADA TIKUS PUTIH ( RATTUS NORVEGICUS ) STRAIN WISTAR. (DAMAR DITA KIRANA, 2019)

EFIKASI EKSTRAK ETANOL DAUN BINAHONG (ANREDERA CORDIFOLIA (TEN) STEENIS) TERHADAP PENURUNAN KADAR GULA DARAH PADA TIKUS PUTIH (RATTUS NORVEGICUS) (Dini Raikhani Danial , 2015)

UJI AKTIVITAS ANTIDIARE EKSTRAK ETANOL DAUN BINAHONG (ANREDERA CORDIFOILA (TEN.) STEENIS) TERHADAP MENCIT (MUS MUSCULUS) JANTAN (Cut Rika Rauza, 2016)

PENGARUH PEMBERIAN EKSTRAK DAUN BINAHONG (ANREDERA CORDIFOLIA) TERHADAP PROSES PENYEMBUHAN LUKA INSISI (VULNUS INCISIVUM) PADA MENCIT (MUS MUSCULUS) (INES GUSTI PEBRI, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy