//

UJI AKTIVITAS EKSTRAK METANOL DAUN ALPUKAT (PERSEA AMERICANA MILL.) SEBAGAI ANTIHIPERKOLESTEROLEMIA PADA TIKUS (RATTUS NOVERGICUS)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Nasyaya Ulva Arskadius - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kolesterol adalah suatu zat lemak yang terdapat di dalam darah yang diproduksi oleh hati dan sangat diperlukan oleh tubuh. Kolesterol yang diproduksi oleh tubuh terdiri dari 2 jenis, yaitu kolesterol High Density Lipoprotein (HDL) dan kolesterol Low Density Lipoprotein (LDL). Kolesterol LDL akan menumpuk pada dinding pembuluh darah arteri koroner yang akan menyebabkan penyumbatan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji aktivitas penurunan kadar kolesterol dari ekstrak metanol daun alpukat (Persea Americana Mill.). Pengamatan hasil penurunan kadar kolesterol dilakukan pada empat kelompok perlakuan yang masing-masing terdiri dari tiga ekor tikus yaitu kelompok kontrol positif yang diberi suspensi atorvastatin, kelompok kontrol negatif yang diberi suspensi Na-CMC, kelompok dosis ekstrak metanol daun alpukat 40 mg/kgBB, dan kelompok dosis ekstrak metanol daun alpukat 60 mg/kgBB. Pengukuran kadar kolesterol dilakukan menggunakan Glucose Cholesterol Uric Test Easy Touch pada saat sebelum diberi perlakuan, 14 hari setelah diberi perlakuan, dan 28 hari setelah diberi perlakuan. Simplisia dikeringanginkan selama 30 hari dan memiliki kadar air sebesar 9,43%. Simplisia tersebut diekstraksi dengan metode maserasi menggunakan pelarut metanol. Kemudian ekstrak dilakukan karakterisasi dan diperoleh kadar air sebesar 20,13%; kadar abu total 11,83%; kadar sari larut air 23,51%; dan kadar sari larut etanol 50,57%. Hasil penapisan fitokimia menunjukkan ekstrak metanol daun alpukat mengandung alkaloid, saponin, tanin, dan steroid. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ekstrak metanol daun alpukat dosis 40 mg/kgBB memiliki aktivitas penurunan kadar kolesterol sebesar 16,4% dan dosis 60 mg/kgBB sebesar 8,9%. Hasil uji statistik menunjukkan bahwa ekstrak daun alpukat dapat menurunkan kadar kolesterol tikus tidak berbeda bermakna dengan kontrol positif (p≥0,05). Kata kunci: Persea americana Mill, ekstrak metanol, uji aktivitas penurunan kolesterol

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KONSENTRASI HAMBAT DAN BUNUH MINIMUM EKSTRAKRNBIJI ALPUKAT (PERSEA AMERICANA) TERHADAPRNPERTUMBUHAN STREPTOCOCCUS MUTANS (Nazla Chairini, 2014)

ANALISIS KANDUNGAN ASAM LEMAK MINYAK BUAH ALPUKAT (PERSE AMERICANA MILL.) BENER MERIAH DENGAN METODE KROMATOGRAFI GAS-SPEKTROMETRI MASSA (GCMS) (Masykur, 2017)

PENGARUH EKSTRAK METANOL DAUN PANDAN WANGI (PANDANUS AMARYLLIFOLIUS ROXB.) TERHADAP KADAR KOLESTEROL TOTAL DAN TRIGLISERIDA DARAH TIKUS (RATTUS NOVERGICUS) HIPERKOLESTEROLEMIA PANDAN WANGI (PANDANUS AMARYLLIFOLIUS ROXB.) TERHADAP KADAR KOLESTEROL TOTAL DAN TRIGLISERIDA DARAH TIKUS(RATTUS NOVERGICUS) HIPERKOLESTEROLEMIA PENGARUH EKSTRAK METANOL DAUN PANDAN WANGI (PANDANUS AMARYLLIFOLIUS ROXB.) TERHADAP KADAR KOLESTEROL TOTAL DAN TRIGLISERIDA DARAH TIKUS(RATTUS NOVERGICUS) HIPERKOLESTEROLEMIA PENGARUH EKSTRAK METANOL DAUN PANDAN WANGI TERHADAP KADAR (ZILVA FADHILLA, 2018)

PENGEMBANGAN EKSTRAK ETANOL 70% BIJI ALPUKAT (PERSEA AMERICANA MILL.) SEBAGAI PEMBUSA ALAMI DALAM FORMULASI SAMPO (IRDA LESTARI, 2018)

SIFAT ANTIMAKAN EKSTRAK METANOL DAUN TUMBUHAN FAMILI LAURACEAE (Noratul Ikramah, 2013)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy