//

KAJI EKPERIMENTAL PERFORMANSI MESIN DIESEL DENGAN PEMANFAATAN BAHAN BAKAR NABATI DARI BIJI KARET ( HEVEA BRASILIENSIS)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang SAMSUL BAHRI - Personal Name
SubjectDIESEL ENGINES
BIODIESEL FUEL
Bahasa Indonesia
Fakultas Program Studi Magister Teknik Mesin Universitas Syiah Kuala
Tahun Terbit 2018

Abstrak/Catatan

Biodiesel dapat menjadi solusi efektif sebagai pengganti bahan bakar fosil meski ada beberapa batasan sifat bahan bakar yang dapat digunakan sebagai bahan bakar mesin. Inilah yang mendasari banyak peneliti untuk mengembangkan bahan bakar ramah lingkungan, terbarukan dan biodegradable. Biodiesel dapat diproduksi dari berbagai jenis bahan baku, seperti minyak nabati, minyak non-pangan, minyak limbah dan lemak hewani. Banyak upaya telah dilakukan untuk meningkatkan produksi dan memperbaiki sifat biodiesel termasuk mencampur beberapa jenis bahan baku. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk memproduksi biodiesel dari biji karet (Hevea brasiliensis), menganalisis kinerja mesin dengan menggunakan campuran biodiesel dengan bahan bakar diesel. Biodiesel dari Hevea brasiliensis (biji karet) diproduksi dengan cara mengekstrak biji karet menjadi minyak mentah kemudian diikuti oleh degumming, esterifikasi menggunakan katalis asam dan terakhir proses transesterifikasi dengan katalis alkali. Percobaan telah dilakukan untuk memperbaiki sifat bahan bakar biodiesel Hevea brasiliensis dengan pencampuran bahan bakar diesel (Dex) dan dibandingkan dengan biodiesel Cerbera Odollam. Kinerja mesin diuji dengan menggunakan campuran bahan bakar biodiesel dan diesel dengan persentasi volume 10%, 20% dan 30% dari masing-masing biodiesel pada beban penuh dan variabel kecepatan adalah 2000-3500 rpm. B-10 biodiesel Hevea brasiliensis menunjukkan daya maksimum mesin rata-rata sebesar 2,751 kW pada 3500 rpm. Oleh karena itu, B-10 merupakan bahan bakar terbaik dibandingkan dengan campuran biodiesel-diesel B-20 dan B-30 dan bahan bakar diesel Dex.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KAJI EKSPERIMENTAL UNJUK KERJA MESIN DIESEL MEMANFAATKAN CAMPURAN BIODIESEL DARI BIJI BUTA-BUTA (HURA CREPITANS LINN) (NANDA SAPTIA, 2018)

KAJI EKSPERIMENTAL PENGARUH CAMPURAN BIODIESEL DARI BIJI BINTARO (CERBERA ODOLLAM GAERTN) TERHADAP KINERJA MESIN DIESEL (AULIA RIZKI, 2017)

KAJI EKSPERIMENTAL UNJUK KERJA MESIN DIESEL MEMANFAATKAN CAMPURAN BIODIESEL DARI BIJI ALPUKAT (PERSEA AMERICANA) (RIZAL AIYUBI, 2017)

PEMBUATAN BIODIESEL DARI MINYAK BIJI BINTARO MENGUNAKAN ABU TANDAN KOSONG KELAPA SAWIT (TKKS)SEBAGAI KATALIS (NURIZA, 2018)

PEMBUATAN BIODIESEL DARI MINYAK BIJI BINTARO MENGGUNAKAN ABU TANDAN KOSONG KELAPA SAWIT (TKKS) SEBAGAI KATALIS (MELIZA GHARSINA, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy