//

PENGGUNAAN MEDIA BIG BOOK PADA PELAKSANAAN MEMBACA SISWA KELAS II DI SD NEGERI UNGGUL LAMPEUNEURUT ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang RAHMAWATI - Personal Name
SubjectEDUCATION MEDIA
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2018

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Rahmawati, 2017. Penggunaan Media Big Book Pada Pelaksanaan Membaca Siswa Kelas II Di SD Negeri Unggul Lampeuneurut Aceh Besar. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Drs. Adnan, M.Pd., (2) Dr. Hajidin, M.Pd. Kata Kunci: penggunaan, media big book, pelaksanaan membaca siswa Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana proses penggunaan media Big Book dapat meningkatkan kemampuan membaca pada siswa kelas II SD Negeri Unggul Lampeuneurut Aceh Besar dan Bagaimanakah kemampuan membaca dengan menggunakan media Big Book pada siswa kelas II SD Negeri Unggul Lampeuneurut Aceh Besar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan media big book untuk meningkatkan kemampuan membaca pada siswa kelas II SD Negeri Unggul Lampeuneurut Aceh Besar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di kelas II SD Negeri Unggul Darul Imarah, Aceh Besar dengan subjek penelitian sebanyak 28 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan wawancara. Observasi dilakukan terhadap kegiatan pembelajaran guru kelas II di SD Negeri Unggul Darul Imarah, Aceh Besar yang meliputi pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan akhir pembelajaran. Soal tes yang diberikan berupa tes membaca dengan menggunakan media big book. Hasil penelitian dari observasi menunjukan bahwa cara guru melaksanakan sepenuhnya dari tahapan pembelajaran seperti tahapan atau aspek pendahuluan, kegiatan inti, kegiatan Akhir, sangatlah baik sehingga tujuan dari pembelajaran yang diberikan dapat tercapai sesuai dengan apa yang diharapkan. Dari hasil tes membaca ini terlihat sebanyak masing-masig yaitu sangat mampu atau sangat lancar membaca 25 orang siswa atau sebesar (89,29%), mampu atau lancar membaca 3 orang siswa sebesar (10,71%), selanjutnya dari 28 orang siswa tidak ada seorang siswapun yang tergolong kedalam kriteria cukup mampu atau cukup lancar dan kurang mampu atau kurang lancar dalam tes membaca dengan penggunaan media big book pada siswa kelas II di SD Negeri Unggul Lampeuneurut Aceh Besar, Dari hasil wawancara guru dapat disimpulkan bahwa penggunaan media big book pada siswa kelas II sangatlah cocok dan ternbantu, terutama untuk mengajar membaca khusunya kepada siswa kelas awal.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KEMAMPUAN MENULIS SISWA KELAS II DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA MINI BOOK DI SD NEGERI UNGGUL LAMPENEUREUT ACEH BESAR (Rika Wati, 2018)

KEMAMPUAN MEMBACA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA BIG BOOK PADA SISWA KELAS I SDN LAMLHOM ACEH BESAR (RIZKI AMANDA, 2018)

KEMAMPUAN SISWA DALAM MEMBACA CEPAT MENGGUNAKAN TEKS CERITA DONGENG SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI UNGGUL LAMPENERUT (Maulaniy Oktari, 2018)

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KERANGKA MANUSIA MELALUI MEDIA KERANGKA MANUSIA DAN MEDIA GAMBAR SISWA KELAS IV SDN LAMPEUNEURUT RNACEH BESAR (HUMAIRA, 2014)

PERANCANGAN DAN EFEKTIVITAS MEDIA BELAJAR POP-UP BOOK DENGAN MODEL ADDIE PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI MATERI VULKANISME KELAS VII SMP PKPU ACEH BESAR (Marhamah, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy