//

PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP EKOSISTEM HUTAN MANGROVE DI KAWASAN KUALA LANGSA, KECAMATAN LANGSA BARAT KOTA LANGSA.

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Laksmi Puja Sukma - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Sukma, Laksmi Puja. 2017. Persepsi Masyarakat Terhadap Ekosistem Hutan Mangrove di Kawasan Kuala Langsa, Kecamatan Langsa Barat Kota Langsa. Skripsi, Jurusan Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Prof Dr. Djufri, M.Si., (2) Drs. Supriatno, M. Si., Ph. D. Kata kunci: Persepsi, partisipasi, komposisi mangrove, dan nilai ekonomi wisata Penelitian tentang “Persepsi Masyarakat Terhadap Ekosistem Hutan Mangrove di Kawasan Kuala Langsa, Kecamatan Langsa Barat Kota Langsa” telah dilakukan pada bulan Maret sampai dengan Oktober 2017. Tujuan penelitian untuk mengetahui, tingkat pengetahuan masyarakat desa Kuala Langsa tentang fungsi ekosistem hutan mangrove, persepsi masyarakat di desa Kuala Langsa terhadap ekowisata ekosistem hutan mangrove, partisipasi masyarakat di desa Kuala Langsa terhadap ekowisata ekosistem hutan mangrove, persepsi wisatawan terhadap ekowisata ekosistem hutan mangrove, komposisi tumbuhan yang terdapat kawasan ekosistem mangrove, dan nilai ekonomi lingkungan sebagai tujuan ekowisata. Penelitian dilakukan dengan cara observasi dan pembagian angket pada satu lokasi yang sama dalam penelitian ini. Sampel penelitan berjumlah 130 orang yang menjadi responden, yang terdiri dari 100 orang masyarakat Desa Kuala Langsa dan 30 orang wisatawan dari keseluruhan populasi subjek dan metode penentuan sampel menggunakan teknik random sampling. Analisis data menggunakan persentase berdasarkan frekuensi yang ditampilkan dalam bentuk gambar dan tabel menggunakan penskalaan likert untuk mengetahui hasil kesimpulan akhir serta penghitungan komposisi tumbuhan ditampilkan dan bentuk tabel. Hasil penilitian adalah pengetahuan masyarakat tentang ekosistem mangrove dapat dikatagorikan sangat baik, persepsi masyarakat Desa kuala Langsa terhadap hutan mangrove termasuk dalam kriteria kurang dan partisipasi masyarakat terhadap pengelolaan ekosistem hutan mangrove tingkat partisipasinya tinggi. Kawasan ekosistem mangrove Kuala Langsa dikategorikan memiliki keanekaragaman flora yang sedang terdapat 20 jenis tumbuhan yang tumbuh. Nilai ekonomi hutan mangrove sebagai tujuan ekowisata sebesar Rp. 780.851.720 pertahun. Kesimpulan penelitian pengetahuan masyarakat tentang ekosistem mangrove dapat dikatagorikan sangat baik, partisipasi masyarakat terhadap pengelolaan ekosistem hutan mangrove sangat baik, persepsi masyarakat Desa kuala Langsa terhadap hutan mangrove termasuk dalam kriteria kurang. Kawasan ekosistem mangrove Kuala Langsa memiliki keanekaragaman flora dengan kategori sedang.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PRODUKSI SERASAH HUTAN MANGROVE DI KUALA LANGSA, KECAMATAN LANGSA BARAT, KOTA LANGSA (Ridha Hafizi, 2017)

STRUKTUR KOMUNITAS MAKROZOOBENTHOSRNYANG BERASOSIASI DENGAN EKOSISTEM MANGROVE RNDI PERAIRAN KUALA LANGSA RNKOTA LANGSA (MUHADHIR, 2015)

KANTOR WALIKOTA LANGSA (Manuzar Rifki, 2015)

KAJIAN PEMENUHAN STANDAR PELAYANAN MINIMAL (SPM) JALAN DI KOTA LANGSA DENGAN MENGGUNAKAN APLIKASI SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS (PURNAWATI, 2016)

TINGKAT PENGETAHUAN MASYARAKAT DAN PERSEPSI WISATAWAN TERHADAP WISATA ALAM DAN KOMPOSISI FLORA-FAUNA DI HUTAN LINDUNG KOTA LANGSA, PROVINSI ACEH (Suci Meilani, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy