//

MODEL PENYEBARAN PENYAKIT TUBERKULOSIS DENGAN MASA PENYEMBUHAN

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Natasya Ayuningtia - Personal Name

Abstrak/Catatan

Tuberkulosis (TB) merupakan salah satu penyakit menular yang menyebabkan banyak kematian. Penyakit TB disebabkan oleh bakteri Mycobacterium Tuberculosis yang umumnya menyerang paru-paru dan juga organ tubuh lainnya seperti kelenjar getah bening, usus, ginjal, kandungan, tulang, sampai otak. Salah satu cara penanggulangan TB yang sering dilakukan sekarang ini adalah dengan cara vaksinasi. Namun jika sudah terjangkit maka pengobatan diperlukan. Umumnya pengobatan dilakukan selama lebih kurang 6 bulan, yang terdiri dari dua fase yaitu fase rawat inap dan fase rawat jalan. Pada penelitian ini akan diselidiki penyebaran penyakit TB dengan masa penyembuhan. Model yang digunakan adalah model pengembangan dari model epidemik tipe SEIR yang diperoleh oleh Sriwahyuni (2016) dengan menambahkan waktu penyembuhan yaitu SIR time delay (Suspectible-Infectible-Recovered) berupa sistem persamaan delay differensial nonlinear dan nonhomogen. Model diselesaikan dengan menentukan titik kesetimbangan: titik kesetimbangan bebas penyakit, kemudian melihat kestabilan dari titik kesetimbangan dengan menganalisa kondisi nilai τ melalui analisa kestabian lokal. Berdasarkan hasil yang diperoleh dari model, waktu penyembuhan mempengaruhi proses penyebaran penyakit TB. Kata kunci : tuberkulosis, vaksinasi, jangka waktu kesembuhan

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISA MATEMATIKA MODEL PENYEBARAN PENYAKIT TUBERKULOSIS TIPE SEIRDENGAN UNSUR VAKSINASI DANPENGOBATAN (SYARIFAH CHAIRA ZULFA, 2018)

HUBUNGAN FAKTOR PERILAKU DENGAN KEPATUHAN MENJALANI PENGOBATAN DIRECTLY OBSERVED TREATMENT SHORTCOURSE (DOTS) PADA PASIEN TUBERKULOSIS PARU DI POLIKLINIK PARU RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH TAHUN 2014 (Miftahul Jannah, 2014)

KARAKTERISTIK PENDERITA TUBERKULOSIS PARU DI POLIKLINIK PARU RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH PERIODE JANUARI 2014 - MEI 2014 (LIA JAMAYANTI R, 2015)

HUBUNGAN TINGKAT KEPATUHAN MINUM OBAT ANTI TUBERKULOSIS DENGAN GEJALA DEPRESI PADA PASIEN TB PARU DI RSUDZA BANDA ACEH (Mustaqin, 2016)

ANALISA PENYEBARAN PENYAKIT TUBERCULOSIS TIPE SEIR (Sriwahyuni, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy