//

PEMBELAJARAN OPERASI HITUNG CAMPURAN BILANGAN PECAHAN MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE TPS PADA SISWAKELAS VII MTS NEGERI 1 BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2017/2018

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Yeni Mahara - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Yeni. Mahara. 2013. Pembelajaran Operasi Bilangan Pecahan Menggunakan Model Kooperatif Tipe TPS pada siswa Kelas VII MTs Negeri 1 Banda Aceh Tahun Ajaran 2017/2018. Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiahkuala. Pembimbing : (1). Drs. Budiman, M.Si (2) Drs. M.Hasbi, M.Pd Kata Kunci : kooperatif, Thik Pair Share, hasil belajar Pembelajaran kooperatif adalah siswa bekerja dalam kelompok-kelompok kecil saling membantu belajar satu sama lainnya, Kelompok-kelompok tersebut beranggotakan siswa dengan hasil belajar tinggi, rata-rata dan rendah; laki-laki dan perempuan; siswa dengan latar belakang suku berbeda yang ada di kelas; dan siswa penyandang cacat bila ada. Rumusan masalah dalam penelitian ini Apakah hasil belajar siswa materi operasi hitung bilangan pecahan menggunakan model kooperatif tipe TPS pada siswa kelas VII MTs Negeri 1 Banda Aceh dapat melebihi KKM?. Penelitian ini merupakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think-Pair-Share) bertujuan untuk mengetahui ketuntasan hasil belajar siswa pada materi operasi hitung bilangan pecahan menggunakan model kooperatif tipe TPS pada siswa kelas VII MTs Negeri 1 Banda Aceh. Pengambilan data dilakukan pada awal bulan Agustus 2017. Pelaksanaan penelitian ini berlangsung sebanyak empat kali pertemuan. Adapun yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah MTs Negeri 1 Banda Aceh dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-5 berjumlah 30 siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes berupa soal sebanyak lima poin. Pengujian hipotesis menggunakan rumus uji-t pada taraf signifikan 5% tingkat kepercayaan 95%. Uji normalitas data, menggunakan statistik chi-kuadrat menunjukan bahwa 〖x^2〗_hitung< 〖x^2〗_tabel yaitu 0,66151 < 3,84 dan untuk pengujian hipotesis pada penelitian ini, peneliti menggunakan statistik uji-t pada taraf signifikan ( α ) = 0,05. Hipotesis statistik uji-t diuji dengan mengujikan uji satu pihak yaitu pihak kanan, dan hasil pengujian hipotesis menunjukan bahwa t_hitung > t_tabel yaitu 6,75 > 1,70. Simpulan hasil belajar siswa melalui penerapan model kooperatif tipe TPS pada materi Operasi Hitung Bilangan Pecahan di kelas VII MTs Negeri 1 Banda Aceh dapat melebihi KKM.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER(NHT) PADA MATERI OPERASI HITUNG CAMPURAN BILANGAN CACAH DI KELAS IV SDN 71 BANDA ACEH (Azalia Chaira, 2014)

HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT)PADA MATERI OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT RNKELAS IV SD NEGERI 19 BANDA ACEH (meutia, 2015)

IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION PADA OPERASI HITUNG CAMPURAN DI KELAS II SD NEGERI LAMREUNG (safrita, 2015)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA MATERI MENJUMLAHKAN PECAHAN BIASA UNTUK SISWA KELAS RNV SDN 37 BANDA ACEH (dewi misra, 2014)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING PADA MATERI OPERASI HITUNG CAMPURAN DI KELAS IV SD NEGERI 62 BANDA ACEH (ANNA FITRIA, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.