//

ANALISIS KADAR LOGAM BERAT PLUMBUM (PB) YANG TERPAPAR PADA DAGING DAN KULIT UDANG VANAME (LITOPENAEUS VANNAMEI BOONE)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang RIZA DANIYATI - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Daniyati, Riza. 2017. Analisis Kadar Logam Berat Plumbum (Pb) yang Terpapar pada Daging dan Kulit Udang Vaname (Litopenaeus vannamei Boone). Skripsi, Jurusan Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Dra. Asiah MD., M.P. (2) Wardiah, S.Pd., M.Bio Kata kunci: Plumbum (Pb), Litopenaeus vannamei Boone, dan Akumulasi. Plumbum (Pb) merupakan logam bermolekul tinggi (>5 gram/cm3). Plumbum (Pb) bersifat toksik bagi makhluk hidup yaitu, tumbuhan, hewan dan manusia. Penelitian ini dilaksanakan sejak bulan Juni sampai dengan Desember 2017. Penelitian bertujuan mengetahui paparan Pb pada daging dan kulit Udang Vaname dan mengetahui Lethal Consentration (LC50) kadar logam Pb terhadap Udang Vaname. Metode penelitian adalah eksperimental kuantitatif dengan Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri dari 4 perlakuan dan 6 ulangan. Kadar logam Pb dianalisis dengan menggunakan AAS. Data dianalisis dengan ANAVA dan dilanjutkan dengan uji Duncan pada taraf α0,05. Hasil penelitian menunjukkan terjadi akumulasi logam berat Pb pada kulit dan daging Udang Vaname. Lethal concentrasion (LC50) pada kulit adalah 1,998 ppm, sedangkan pada daging adalah 0,36 ppm. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa akumulasi logam Pb dapat terjadi pada bagian kulit dan daging Udang Vaname dengan nilai LC50 lebih tinggi terdapat pada kulit.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS KOMPARATIF PENDAPATAN USAHATANI UDANG PUTIH (LITOPENAEUS VANNAMEI) UDANG WINDU (PENAEUS MONODON) DI KECAMATAN DEWANTARA KABUPATEN ACEH UTARA (Al-Furqan, 2017)

PENGARUH PROTEKSI VITAMIN E TERHADAP KADAR UREUM DAN KREATININ MENCIT (MUS MUSCULUS) YANG DI PAPAR PLUMBUM (Dimas Arya Umara, 2014)

ANALISIS PENGARUH FAKTOR KUALITAS AIR TERHADAP RESIKO PENYAKIT WHITE SPOT SYNDROME VIRUS (WSSV) PADA UDANG VANNAMEI (LITOPENAEUS VANNAMEI) DI KECAMATAN PEUDADA KABUPATEN BIREUEN (ZULPIKAR, 2016)

IDENTIFIKASI DAN PREVALENSI EKTOPARASIT PADA UDANG VANNAMEI (LITOPENAEUS VANNAMEI) DI KABUPATEN ACEH BESAR (nurlaila, 2016)

PENERAPAN SISTEM PERTAMBAKAN SEMI-INTENSIF UDANG VANNAMEI DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN PETANI UDANG DI DESA UJUNG BLANG MESJID KECAMATAN KUALA KABUPATEN BIREUEN (Aidil Akbar, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy