//

KEPADATAN POPULASI DAN TINGKAT EKSPLOITASI KERANG NIPAH (POLYMESODA EROSA) DI KAWASAN PERAIRAN GAMPONG TEUNGOH, KECAMATAN SAMATIGA, KABUPATEN ACEH BARAT

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang ANGGI WIDYANZA V - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Anggi Widyanza Vanessa. 2017. Kepadatan Populasi dan Tingkat Eksploitasi Kerang Nipah (Polymesoda erosa) Di Kawasan Perairan Gampong Teungoh, Kecamatan Samatiga, Kabupaten Aceh Barat. Skripsi. Jurusan Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Prof. Dr. M. Ali S., M.Si., (2) Mimie Saputri, S.Pd., M.EEL Kata Kunci: Kepadatan populasi, tingkat eksploitasi, dan kerang nipah. Kerang Nipah (Polymesoda erosa) merupakan salah satu spesies kerang yang terdapat di perairan yang hidup dengan cara membenamkan diri di dasar perairan. Adanya aktivitas masyarakat setempat yang memanfaatkan kerang ini akan memberikan pengaruh atau dampak bagi organisme tersebut. Penelitian ini dilaksanakan sejak bulan Juli sampai dengan Desember 2017 dengan tujuan untuk mengetahui kepadatan populasi dan tingkat eksploitasi dari Kerang Nipah (Polymesoda erosa) di kawasan perairan Gampong Teungoh, Kecamatan Samatiga, Kabupaten Aceh Barat. Metode penelitian adalah metode survei dengan teknik purposive sampling. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan rumus kepadatan populasi dan tingkat eksploitasi dengan menggunakan program FiSAT II versi 1.1.2. Hasil analisis data menunjukkan bahwa kepadatan populasi Kerang Nipah (Polymesoda erosa) pada masing-masing stasiun adalah stasiun I 9 ind/m2, stasiun II 13 ind/m2, stasiun III 19 ind/m2 dan diperoleh mortalitas alami (M) adalah 0,83 per tahun, mortalitas akibat penangkapan (F) adalah 0,14 per tahun, sehingga diperoleh tingkat eksploitasi (E) adalah 0,14 per tahun. Nilai tersebut berarti tingkat eksploitasi Kerang Nipah (Polymesoda erosa) tergolong tingkat eksploitasi masih berimbang (under fishing). Kesimpulan penelitian ini adalah Kepadatan populasi Kerang Nipah (Polymesoda erosa) di kawasan perairan Gampong Teungoh, Kecamatan Samatiga, Kabupaten Aceh Barat adalah 13 ind/m2 dan tingkat pemanfaatan Kerang Nipah (Polymesoda erosa) oleh masyarakat setempat masih dikategorikan rendah (under fishing) atau belum mencapai titik maksimum.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

AKUMULASI LOGAM BERAT TIMBAL (PB), CADMIUM (CD) RNDAN MERKURI (HG) PADA KERANG KEPAH (POLYMESODA EROSA)RNDI ESTUARIA KRUENG CANGKOI RNKABUPATEN ACEH BARAT (TEUKU IWAN WAHYUDI, 2015)

KEPADATAN POPULASI DAN STRUKTUR UMUR KERANG BATISSA SP DALAM KAWASAN SUNGAI KRUENG MANE KABUPATEN ACEH UTARA (Elsa Bunga Dayanti, 2014)

POPULASI UDANG DI KAWASAN MANGROVE KUALA KEUDE KECAMATAN LEMBAH SABIL KABUPATEN ACEH BARAT DAYA (Safrina, 2015)

KEPADATAN POPULASI DAN POLA PENYEBARAN KERANG AIR TAWAR (ANODONTA WOODIANA) DI ZONA LITORAL DANAU LAUT TAWAR KAWASAN KECAMATAN LUT TAWAR KABUPATEN ACEH TENGAH (Rianita, 2017)

JENIS-JENIS SERANGGA PADA POHON DURIAN (DURIO ZIBETHINUS L)RNDI KAWASAN GAMPONG PULO SEUNONG KECAMATANRNTANGSE KABUPATEN PIDIE (Rifki Mufti, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy